‎404 Petugas PLN Siaga Lebaran

IMG-20160628-WA0052

IMG-20160628-WA0051

Photo : Deputi Manajer Humas & Hukum PLN Agus Yuswanta

PANGKALPINANG – PLN Wilayah Bangka Belitung menyiagakan sebanyak 404 personel selama 24, menjelang, saat, dan pasca Idul Fitri mendatang. 

IMG-20160628-WA0052

Pengerahan petugas tersebut, kata Deputi Manajer Humas dan Hukum PLN Babel, Agus Yuswanta, dilakukan dalam rangka antisipasi dan percepatan pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik. 

“Kita siagakan personel 24 jam pada H-7, hingga H+7 lebaran nanti. Yang terdiri dari 184 petugas siaga pada sistem pembangkitan dan 220 petugas siaga jaringan pada sistem transmisi, gardu induk, dan distribusi,”ungkapnya. 

Menurutnya, untuk meminimalisir pemadaman, pada sisi pembangkit PLN telah melakukan pemeliharaan agar mesin beroperasi lebih optimal. 

“Dari sisi ketersediaan bahan bakar, pasokan bahan bakar minyak rata-rata cukup untuk 37 hari, sedangkan batubara cukup untuk 44 hari,”jelasnya. 

Sedangkan, untuk memperkuat pasokan listrik, di beberapa daerah di Babel, seperti Toboali dan Koba, PLN melakukan penambahan mesin PLTD 4×1,3 MW di Koba. Empat mesin PLTD itu, lanjut Agus, didatangkan dari Pangkalpinang, sejak Jumat (17/6/2016) lalu. 

“Keempat mesin tersebut mulai beroperasi penuh pada Senin kemarin,”ujarnya. 

Dikatakannya, pada sisi tranmisi, gardu induk dan distribusi PLN telah melakukan perambasan pohon dan pemeliharaan jaringan guna meminimalisir adanya gangguan. 

Selanjutnya, untuk mempercepat pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik, PLN menyiapkan posko layanan yang tersebar di 9 kabupaten/kota. 

“Meliputi posko distribusi kontrol Center Bangka dan Belitung, Posko Rayon Pangkalpinang, Sungailiat, Mentok, Koba, Toboali, Tanjungpandan dan Manggar. Serta dengan menyiapkan sarana pendukung lainnya, yakni 27 unit kendaraan pelayanan teknik,  8 unit travo, 2 unit mobil genset, dan beragam genset berkekuatan dari mulai 1-125 KVA,”bebernya.

(Leww)