Tangerang Selatan Global Innovation Forum ( TGIF ) 2016

img_20160918_114956

PutraIndo News- Dalam rangka memperkuat jejaring inovasi global serta membangun kerjasama antara akademisi, pemerintah dan dunia usaha, kementrian riset, teknologi dan pendidikan tinggi berkerjasama dengan United Nations Educational, scientific and cultural organization ( unesco ), Word Technopolis Association ( WTA ), dan pemerintah kota Tangerang Selatan bermaksud menyelenggarakan Tangerang Selatan Global Innovation Forum ( TGIF ) 2016. TGIF 2016 mengambil tema Innovation For Sustainable Development. Tujuan utama dari penyelenggaraan TGIF 2016 adalah memberikan konstribusi terhadap pembangunan ekonomi global melalui promosi budaya inovasi, tecnopreneurship, serta alih tecnologi dan ilmu pengetahuan. Selain itu Forum ini juga merupakan wadah bertukar pendapat dan memperluas jejaring para profesional penelitian dan perekayasa, pembuat kebijakan dalam bidang ilmu pengetahuan dan inovasi, para pelaku di dunia industri teknologi tinggi, serta komunitas masyarakat dari seluruh dunia.

Tangerang selatan sebagai salah satu anggota WTA telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Global Innovation Forum ( GIF ) tahun 2016 pada sidang dua tahunan WTA tahun 2104 yang lalu. WTA adalah organisasi multilateral non profit yang dibentuk pada tahun 1998 dengan tujuan untuk mendorong pengembangan ilmu pengetahuan fan teknologi untuk pengembangan daerah.

Acara TGIF 2016 ini juga merupaka tindak lanjut kerjasama antara UNESCO, WTA dan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi swjak tahin 2007. Pada awalnya kerjasama ini berfokus pada bantuan teknis pengembangan Science Tecno Park ( STP ) yaitu PUSPITEK Serpong sebagai salah satu pilot project. Sejak saat itu, kemitraan diperluas dengan melibatkan kerjasama antara kota dan dunia usaha seperti kemitraan antara Kota Tangerang Selatan dan Kota Daejon di Korea Selatan. Selanjutnya, kerjasama dan kemitraan ini melibatkan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan, dunia usaha teknologi tinggi serta masyarakat.

TIGF tahun 2016 direncanakan akan berlangsung dari tanggal 20-23 september 2016. Adapun rangkaian acara TIGF 2016 antara lain keynote speech, plenary session, thematic special session, Unesco-WTA Regional Training Workshop, WTA General Assembly 2016, Forum Walikota ( Mayor’s Forum ), Forum Rektor ( University President’s Forum ), pameran teknologi dan lomba inovasi. Forum dan seminar TGIF akan dihadiri kurang lebih 1.000 peserta dari 47 Negara anggota WTA, industri/ rektor dan praktisi bisnis teknologi tinggi dari berbagai negara lainnya. Acara ini juga akan dihadiri oleh para walikota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ( APKASI ), industri nasional, komunitas litbang dan perguruan tinggi nasional.

yfi

BACA JUGA :   KemenPUPR Bertahap Rampungkan Pembangunan SPAM Semarang Barat

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!