SPGDT BANGKA LUNCURKAN SMS BLAST PROMOSIKAN LAYANAN 119

 

 

Putraindonews.com. sms-blast-yang-dikirim-spgdt-bangkaSUNGAILIAT- Unit Pelayanan Teknis – Public Safety Centre – Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (UPT-PSC-SPGDT) Sepintu Sedulang Kabupaten Bangka kembali membuat terobosan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Bangka yakni dengan meluncurkan SMS Blast yang berisikan pesan singkat kepada masyarakat agar bisa menghubungi 119 kalau melihat, mengalami sakit gawat darurat/kecelakaan.

Dengan pesan singkat tersebut, masyarakat diharapkan mengetahui dan selalu ingat kalau melihat atau mengalami kejadian gawat darurat/kecelakaan langsung menghubungi 119 yang tidak dikenakan biaya alias gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melalui Kepala UPT-PSC-SPGDT Sepintu Sedulang Kabupaten Bangka, Jumpanata, Rabu (19/10/2016) mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka sejak tahun 2010 telah membentuk UPTD SPGDT SS (PSC 119 BANGKA) yang berfungsi  memberikan layanan ambulans pada kasus gawat darurat Pra Rumah Sakit kepada masyarakat Kabupaten Bangka. Layanan ini beroperasi selama 24 jam dan gratis. Sasaran pelayanan ini tidak hanya warga Kabupaten Bangka, melainkan berbasis tempat kejadian perkara. Dengan begitu, warga mana pun ketika mengalami musibah di wilayah Kabupaten Bangka bisa memanfaatkan layanan gawat darurat pra Rumah Sakit ini. 

Pada tahun 2016 UPT PSC 119 BANGKA (SPGDT) merupakan satu dari 27 PSC di Indonesia yang sudah di integrasikan dengan NCC 119 Kemkes RI. Meskipun UPT PSC 119 BANGKA (SPGDT) menggunakan layanan Call Center 119, PSC 119 Bangka tidak menghilangkan pelayanan sebelumnya. Jadi masyarakat masih bisa menghubungi call center PSC SPGDT menggunakan nomor 0853 5745 2918 / (0717) 93766, maupun menggunakan aplikasi android SPGDT Bangka. Bedanya kalau selama ini masyarakat menghubungi UPT PSC 119 BANGKA (SPGDT) melalui HP atau telpon rumah dikenakan biaya panggilan, sekarang dengan menggunakan nomor 119 masyarakat tidak dikenakan biaya (bebas pulsa) alias gratis.

BACA JUGA :   Bakal Dipidana, Pedagang Dilarang Jual Beras Bulog di atas Rp9.400 Per Kg !

UPT PSC 119 BANGKA (SPGDT) tak henti terus menerus memberikan sosialisasi, informasi serta promosi mengenai call number dan layanan yang tersedia di  PSC 119 BANGKA (SPGDT) melalui media sosial, media cetak, radio, penyebaran stiker, pemasangan spanduk, dan sebagainya, fakta yang didapatkan bahwa masih ada masyarakat yang belum mengenal dan mengetahui keberadaan layanan ini padahal sangat bermanfaat bagi masyarakat saat mengalami dan melihat kasus kegawatdaruratan.

‘’Ada banyak kekurangan dalam teknik promosi di atas, antaranya biayanya relatif tinggi, informasi hanya dapat dilihat sebentar, pesan yang disampaikan berlalu sangat cepat, kesulitan teknis dan cenderung lebih mudah dilupakan, untuk leflet dan brosur bahkan sering kali hanya berakhir di tempat sampah. Untuk itu PSC 119 BANGKA (SPGDT) mencoba menggunakan  cara promosi baru yang mungkin belum terfikirkan oleh kebanyakan Institusi yang ada di kabupaten Bangka, yaitu menggunakan SMS BLAST. Ini adalah tren baru dan revolusioner dalam skenario promosi,’’ungkap Jumpanata.

Telepon Seluler saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan masyarakat, dari usia anak-anak hingga Lansia sangat akrab dengan Telepon Seluler.Survei membuktikan bahwa sekitar 90 % dari total populer memiliki ponsel dan menyimpannya sepanjang hari. Bahkan jika orang lupa untuk mengambil dompet mereka, mereka tidak pernah lupa untuk mengambil telepon seluler saat akan keluar. Setiap orang rata-rata membuka HP 150x per hari, kemudian Posisi HP selalu ada di dekat pengguna sebanyak 75%, Ponsel membuat orang terhubung dengan teman-teman mereka dan keluarga. Meskipun Anda berada dalam kemacetan lalu lintas, menghadiri upacara, melakukan setiap pekerjaan, ponsel memungkinkan Anda berbicara dengan orang yang Anda inginkan dengan keluar macet atau cling. Melihat peluang tersebut, PSC 119 BANGKA (SPGDT) mencoba untuk memanfaatkan fasilitas SMS Blast ini sebagai media promosi dan sosialisasi nomor dan keberadaan UPT PSC 119 BANGKA (SPGDT). Cara promosi ini memudahkan  masyarakat  mendapat pesan yang akan disampaikan tanpa gangguan, nomor mudah disimpan dan cepat diingat.

BACA JUGA :   Pisah Sambut, PT. Bimex (Perseroda) Diharapkan Jadi Perusahaan Skala Nasional

SMS Blast dikirim menggunakan aplikasi berdasarkan data base kontak yang telah diinput sebelumnya. Sejauh ini sudah tersimpan 1800 kontak nomor telepon, dan  data base tersebut akan terus ditingkatkan. SMS Blast ini akan dikirim secara berkala oleh tim IT UPT PSC 119 BANGKA (SPGDT) ke semua kontak yang tersimpan di data base.

‘’Semoga dengan adanya SMS Blast ini upaya promosi yang dilakukan oleh UPT PSC 119 BANGKA (SPGDT)  lebih efektif dan efisien dan pesan yang disampaikan kepada masyarakat dapat diterima dengan baik, sehingga masyarakat lebih mudah dalam menghubungi Ambulans UPT PSC 119 BANGKA (SPGDT)  Bangka,’’jelas Jumpanata. (Edo/HumasPemkab.Bangka&Davit Mapikor)

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!