KOREM  045/GAYA PERINGATI HARI PAHLAWAN

img-20161110-wa0075

Putraindonews.com, (Koba) – Korem 045/Garuda Jaya melaksankan upacara memperingati Hari Pahlawan (Kamis 10/11) di Lapangan Upacara Makorem yang di pimpin oleh Kepala Staf Letkol Inf I Ketut Mertha Gunarda.

Sebanyak 200 prajurit dan ASN Korem beserta satuan jajarannya terlibat dalam upacara ini dengan Komandan Upacara Mayor Inf Nurdin, ST.  pembaca Pesan-pesan perjuangan atau kata mutiara dari Pahlawan Nasional Kapten Inf Idhamudin, pembaca UUD 1945 Kapten Inf Djaduk Hartono dan pejabat upacara lainnya.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa dalam amanatnya mengatakan bahwa Peringatan 10 November didasarkan pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

BACA JUGA :   Komitmen Bangun Demokrasi, IMO-Indonesia Luncurkan Aplikasi ‘Indonesia Memilih’

Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan bangsa melainkan politik harapan bahwa seberat apapun tantangan yang di hadapi dan keterbatasan yang ada tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental karakter pahlawan dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

BACA JUGA :   ZONA KUNING MENINGKAT, Pemda Harus Segera Antisipasi

Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan yang mutlak dengan tiada mengecualikan  suatu golongan dan lapisan, semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun bangsa.

Melalui momentum peringatan hari pahlawan dapat mengambil makna dengan meneladani nilai nilai luhur yang di wariskan kepada kita seperti taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan diri sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita cita para Pahlawan bangsa. Jelasnya yang dibacakan oleh Kasrem. (Sertu Rempi Penrem 045 Gaya&Fitriadi Mapikor)

img-20161110-wa0074

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!