KEBERADAN KOMISI INFORMASI PROVINSI BABEL MENJADI PENELITIAN OLEH TIM BPPKI KEMENKOMUNFO RI

Ketua KID Babel photo bersama Tim Penelitian BPPKI Kemenkominfo

Ketua KID Babel photo bersama Tim Penelitian BPPKI Kemenkominfo

Putraindonews.com, Pangkalpinang– Komisi Informasi Daerah (KID) Bangka Belitung (Babel) menerima rombongan Tim Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI), pukul 10.00 wib pagi Kamis,(17/11/2016).

Kunjungan rombongan Tim Penelitian BPPKI Kemenkominfo RI diketuai oleh Felix Tawaang SH diterima langsung oleh Ketua KID Babel Rikky Fermana didampingi oleh Staf Kesekretariatan KID Babel.

Dikesempatan tersebut Felix Tawaang menyampaikan hasil laporan penelitian mereka terkait aspirasi dan eksistensi publik terhadap keberadaan KID Babel.

Laporan penelitian yang disampaikan kepada KID bertema “Aspirasi Publik Bidang Kominfo Eksistensi KID diwilayah Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung”.

Kepada KID Babel, Felix menyampaikan beberapa saran dan rekomendasi antara lain ; agar segera dibentuk badan pengawasan KID Babel sesuai amanat UU Keterbukaan Informasi Publik (KlP) Nomor 14 Tahun 2016 agar kinerja KID Babel akan lebih baik dalam menjalankan tupoksi hakim sengketa informasi, dan otonomi khusus dalam anggaran sehingga program-program yang bersentuhan dengan masyarakat/publik seperti kegiatan advokasi dan sosialisasi ke badan publik dan masyarakat/publik dapat dilakukan maksimal

BACA JUGA :   Gunakan Motor, Pangdam III/Slw Tinjau Vaksinasi Di Lemasmil Cimahi & Rutan Negara Kelas I Bandung

“Semoga hasil penelitian ini  dapat berguna dan bermanfaat bagi KID Babel dalam membangun kepercayaan publik dalam mendorong  keterbukaan informasi publik untuk kesejahteraan masyarakat dan partisipasi aktif masyarakat dalam menggunakan haknya memperoleh informadi” Kata Felix sembari  Ketua KID Babel diruang pertemuan KID Babel lantai 3 Gedung Perkantoran Gubenur Babel di Airitam,Pangkalpinang.

Lanjut ia mengatakan hasil laporan peneiltian tersebut selain disampaikan kepada KID Babel, juga disampaikan kepada Dinas Kominfo Prov Babel,Gubernur Babel dan DPRD Babel.

Sementara itu dalam sambutan singkat, Rikky Fermana Ketua KID Babel menyambut baik masukan dan saran hasil laporan  penelitian dari Tim BPPKI Kemenkominfo RI.

BACA JUGA :   PERLU PENINGKATAN KAPABILITAS, UMKM di NTT Masih Individual dan Lemah

“Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung mengucapkan terima kasih kepada Tim Penelitian Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Kemenkominfo RI yang telah melakukan penelitian terhadap eksistensi dan kinerja KID Babel,dan masukan saran yang disampaikan kepada kami menjadi pemacu motivasi untuk para komisioner KID Babel berkerja lebih baik lagi” Kata Rikky sembari menerima hasil laporan penelitian tersebut.

Tim penelitian dari BPPKI Kemenkominfo RI telah melakukan kegiatannya penelitiaannya dari bulan Juli 2016, kini laporan hasil penelitian terhadap lembaga negara yang indenpen dibentuk atas UU Nomor 14 Tahun 2016 tentang KIP sudah diterima oleh KID Babel, semoga dapat diimplementasi secara baik dan benar dalam menjalankan tugasnya melayani dan memproses sengketa informasi yang diajukan oleh publik. (Fitriadi Mapikor)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!