Gandeng Polri dan BPBD, KODIM 0310 laksanakan Sosialisasi Karhutla

PUTRAINDONEWS.COM

SAWAHLUNTO – SUMBAR | Menyikapi kabut asap yang kian memperihatinkan di wilayah teritorialnya, hari ini, Selasa (17/9) KODIM 0310/SSD melaksanakan sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah kota Sawahlunto.

Dalam sosialisasi yang diikuti oleh seluruh Koramil yang ada di kota sawahlunto ini, pihak TNI menggandeng jajaran Polres serta Satuan Polisi Pamong Praja (POl PP) serta Badang Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) kota Sawahlunto, dengan menyasar sejumlah titik di kecamatan Barangin dan kecamatan talawi.

Menurut Danramil 01/Swl, Mayor Inf. Irwan Basukiono, S.Ag selaku koordinator kegiatan itu, kegiatan ini merupakan intruksi dari Komandan Kodim 0310/SSD, Letkol Inf. Dwi Putranto, S.A.P., M.I.Pol untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah yang ada di bawah komandonya.

“hari ini kita melaksanakan giat sosialisasi pencegahan Karhutla di wilayah kota Sawahlunto, sesuai dengan intruksi pak Dandim, dengan menggandeng Polri, BPBD dan Satpol PP utnuk terjun langsung ke tengah masyarakat yang ada di kota sawahlunto ini,” terangnya.

BACA JUGA :   Sambut Bulan K3 Nasional 2022, PLN UPK Ombilin Gelar Vaksinasi Booster 'Percepatan Penanganan Pandemi'

Untuk sosialisasi kali ini, lanjut Danramil, kita akan memulai dari Santur menuju arah desa Kolok Nan Tuo kecamatan Barangin, kemudian dilanjutkan ke wilayah kecamatan Talwai hingga ke desa Rantih.

“Kita tidak ingin ada kebakaran lahan dan hutan di wilayah kita, seperti kabut asap yang saat ini kondisinya sudah cukup memperihatinkan,” sebutnya.

Untuk itu, imbuh Danramil lagi, kita laksanakan sosialisasi serta memberikan himbauan bagi masyarakat sehingga Karhutla dapat dicegah dan di antisipasi.

Sementara itu, sasaran pertama dalam operasi sosialsisasi tersebut tertuju di simpang Jaguang atau simpang SMAN 3 Sawahlunto di desa Kolok Mudik, dimana di tempat tersebut banyak berkumpul warga yang tengah berbincang-bincang.

BACA JUGA :   Puluhan Milyar Tunggakan Gas Kota Jadi Atensi Ketua DPRD Kota Prabumulih

Di lokasi ini, warga tampak terlihat antusias mendengar penjelasan serta himbauan yang diberikan.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanannya yang kemudian berjenti di dusun Pulay desa Kolok Nan Tuo, tepatnya di sebuah warung pinggir sungai yang sedang ramai.

Sama seperti di desa Kolok Mudik, di lokasi ini puluhan warga yang tengah berkumpul juga terlihat serius mendengarkan pemaparan yang disampaikan tim sosialisasi. Bahkan, warga setempat sepakat untuk bersama memberikan informasi ini pada warga lainnya.

Hal yang sama juga terlihat di desa Salak hingga ke desa Rantih kecamatan Talawi. Puluhan Warga desa Rantih yang mengetahui adanya petugas sosialisasi, langsung berkumpul dan menyambut dengan keramahtamahannya.
Usai penyampaian himbauan dan sosialisasi, warga desa ini juyga menyempatkan diri untuk bertanya seputar pencegahan Karhutla. (ap)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!