dr I Made Indra Dwi Putra S.Ked ; Penyakit Jantung Koroner Dapat Di Cegah

PUTRAINDONEWS.COM

DENPASAR – BALI | Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit penyebab kematian tertinggi pada semua umur. Berdasarkan data survei di indonesia, yakni 12,9% dari total penyebab kematian  tahun 2014.

Apakah itu penyakit jantung koroner ? penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit dimana pembuluh darah arteri di jantung mengalami penyempitan atau penyumbatan akibat plak kolestrol dan lemak yang pecah dan menutup suplai darah ke otot jantung. PJK paling banyak menyerang pada orang berumur 65-74 tahun, dan di ikuti kelompok umur 75 tahun ke atas dan kelompok umur 55-64 tahun. PJK dapat di cegah dan di kurangi risiko nya, dan hal itu dapat di lakukan sejak dini. Beberapa hal yang dapat menguragi risiko penyakit jantung adalah perubahan pola hidup, seperti olah raga, berhenti merokok, berhenti konsumsi alkohol, dan diet sehat dengan mengatur konsumsi makanan.

BACA JUGA :   Sisihkan  Ribuan Peserta, 51 Pemuda Sultra Bertarung Jadi Prajurit TNI AD

Selalu aktif beraktifitas fisik. Olah raga tidak perlu olah raga yang ekstrim atau lama, cukup berolah raga ringan selama 2½jam (150 menit) berjalan cepat setiap minggu atau berlari atau jogging selama 1jam 15 menit (75 menit) setiap minggu, atau kombinasi dari kedua aktifitas tersebut.

Pilih menu makanan sehat. Memilih menu makanan dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis penyakit, yang salah satu nya adalah PJK. Dalam bagian menu diet yang sehat pilih lah makanan yang memiliki kandungan lemak dan garam yang rendah. Pilihlah sayur sayuran, buah, makanan tinggi serat, ikan, kacang dan biji bijian. Dalam mengonsumsi daging pilihlah daging yang rendah lemak seperti daging unggas(seperti ayam) tanpa kulit.

Merokok merupakan salah satu faktor risiko berbagai penyakit, salah satu nya adalah PJK. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah, mengurangi toleransi tubuh dalam berolah raga, dan meningkatkan kecendrungan terbentuk nya bekuan darah yang dapat mengakitbat kan penyumbatan di pembuluh darah. Selain itu merokok juga tercatat meningkatkan risiko terjadi nya serangan jantung ulangan pada pasien yang sudah pernah mengalami serangan jantung sebelumnya.

BACA JUGA :   PELETAKAN  BATU PERTAMA Masjid Raya Riyadhul Jannah Remban Oleh Gubernur Sumsel

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat juga meningkatkan risiko penyakit jantung di karenakan konsumsi alkohol yg berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, dimana tekanan darah yang tinggi adalah salah satu faktor risiko yang paling berbahaya. Selain itu konsumsi alkohol berlebih juga dapat menyebabkan otot jantung menjadi melemah dan tidak bisa memompa darah dengan baik, hal ini dapat mengakibatkan peningkatan risiko kematian mendadak akibat serangan jantung. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!