Flashback Irjen Pol Firli ketua KPK Terpilih Semasa SMA

PUTRAINDONEWS.COM

SUMSEL | Ketua KPK terpilih 2019-2024 Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Firli Bahuri, sosok Kapolda Sumatera Selatan. Yang diketahui masyarakat umum mengenai Irjen Pol Drs. Firli Buhari M.Si adalah salah satu pucuk pimpinan di Korps Bhayangkara, sebentar lagi (Desember 2019) akan memimpin lembaga anti rasuah KPK, sebagai ujung tombak pimpinan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Tetapi sedikit sekali yang mengetahui jejak liku perjuangan hidupnya, bahkan teman semasa SMAnya sekalipun. Firli berasal dari dusun Lontar, Muara Jaya, OKU – Sumatera Selatan ini sangat tidak populer dikalangan teman SMA, karena dia justru tidak pernah ditemukan selain di kelas atau perpustakaan.

“Firli itu tidak ada dalam daftar teman nongkrong baik di katin sekolah maupun diwarung Asuk (pedagang pempek), mungkin karena terkesan acuh walau sesungguhnya ramah, rajin belajar,” kata salah seorang teman sekolahnya yang sekarang sebagai ketua umum Assosiasi Sales Travel Indonesia (ASATI) adalah asosiasi kumpulan owner Biro Perjalanan Wisata Seluruh Indonesia yang sempat diwawancarai oleh media yang tergabung dalam IMO-Indonesia saat menghadiri kegiatan reuni emas, di salah satu sudut sekolah SMA Negri 3, Jalan Jendral Sudirman KM 3,5 Palembang Sumatera Selatan Sabtu, 19/10/2019 baru lalu.

BACA JUGA :   Soroti Pelayanan Perijinan, KPK Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pimpinan Daerah se-Provinsi Banten

Penuturan selanjutnya adalah Meski terkesan acuh, Firli memiliki pendirian yang kuat, sehingga tidak dapat dipengaruhi ajakan ‘nakal’ teman-teman sebaya, seperti minggat (bolos di jam pelajaran sekolah) apalagi Liga (Nonton ke bioskop saat jam pelajaran sekolah).

Belakangan sekitar 2012 Firli muncul kembali setelah puluhan tahun tidak berjumpa, komunikasi dapat terhubung dengan teman dekatnya, M. Nasir Hasyim (seorang Pengusaha reklame di Jakarta) dan melalui Nasir teman lain dapat terkumpul saat syukuran anak beliau di kediamannya, kawasan Bekasi.

Sejak itu komunikasi terus terjalin bahkan diapun menyempatkan diri saat ada kumpul teman di Bandung. Ketika Firli menjabat Wakapolda Banten 2014, kamipun diundang kumpul di Anyer. Bahkan teman-teman berencana mau ke Lombok saat beliau menjabat Kapolda NTB, tetapi tidak kesampaian karena keburu pindah tugas di Jakarta.

BACA JUGA :   SATGAS BLBI DILANTIK, Mahfud MD ; Negara Harus Mendapatkan Haknya Kembali

Saat menjabat Kapolda Sumsel, disela kesibukannya Firli tetap mengundang teman seangkatan alumni 1982 beberapa waktu lalu dan idea besar muncul untuk reuni emas 50 tahun SMA N 3 Palembang. Firli yang semasa SMA terkesan minder dan acuh ternyata belau sahabat yang hangat dan perhatian dengan teman sehingga banyak teman-teman yang hadir saat dia mengadakan jamuan makan malam 19 Oktober 2019 baru lalu, bahkan semua angkatan hadir kerumah kediaman beliau.

“Sebagai teman semasa SMA kami merasa bangga mempunyai sahabat yang sukses dan menjadi panutan, semoga amanah mengembat jabatan lebih baik.” Ungkap Syukri Machmud.

@yfi

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!