6525

PUTRAINDONEWS.COM

Tangerang Selatan | 25 November 2019.  Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 11 Kota Tangerang Selatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat menggelar Tangsel Student Carnival 2019 yang diselenggarakan pada Minggu 24 November 2019 di Kecamatan Pondok Aren, Tangsel.

Terlihat ribuan siswa menggunakan pakaian adat khas daerah nusantara. Dengan balutan budaya ini, mereka antusias mengikuti Carnival.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel Taryono mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan, menanamkan nilai-nilai seni dan budaya Nasional.

“Seni dan budaya nasional ini pada gilirannya akan berpengaruh dalam pembangunan generasi cerdas dan berkarakter,” ungkap Taryono.

Sementara, Kabid kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan Iis Nur Asih mengatakan, Tangsel Student Carnival 2019 mengambil tema akar budaya diikuti 1000 peserta yang berasal dari sekolah tingkat TK, SD, SMP, PKBM serta komunitas dan sanggar seni budaya. “Peserta menampilkan kostum terbaiknya yang kemudian dilakukan penilaian,” ujar Iis.

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan melestarikan dan memperkenalkan seni budaya kepada pelajar. Terlebih pelajar sebagai generasi penerus bangsa jangan sampai tergerus oleh perkembangan teknologi seperti penggunaan gadget dan lainnya.

“Pelajar harus mengetahui sejarah kota Tangsel, sejarah kebudayaan dan mengenali keberagaman budaya di Indonesia,” ucapnya.

Dikatakannya, kegiatan Tangsel Student Carnival 2019 ini sejalan dengan program budaya di Kemendikbud dan amanah Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan dimana terdapat bunyi melestarikan membina dan mengembangkan kebudayaan.

“Pemkot Tangsel berkomitmen menjalankan program dan amanah Undang-undang dalam rangka melestarikan kebudayaan,” ujarnya. (HUMAS-KOMINFO)