PUTRAINDONEWS.COM

London-Inggris | Indonesia terus menggalang dukungan untuk pencalonannya kembali menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C periode 2020-2021 dalam Sidang Majelis di Londong, Inggris. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar Resepsi Diplomatik di Hoare Memorial Hall, Londong, Rabu (27/11) petang.

Resepsi yang dihadiri oleh 173 negara anggota IMO ini dibuka oleh Dubes RI di London, Rizal Sukma. “Resepsi ini menegaskan komitmen Indonesia dalam IMO, khususnya terkait masalah safety, security, dan perlindungan lingkungan dalam pelayaran dan masalah maritim dunia,”kata Rizal.

Sementara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengucapkan terima kasih atas kehadiran delegasi anggota IMO, apresiasi yang tinggi atas dukungan para delegasi negara anggota IMO, dan menegaskan kembali peran Indonesia dalam kerjasama dengan negara-negara anggota IMO.

Adapun Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firmal Sampurna yang lembaganya dicalonkan sebagai Eksternal Audit periode 2020-2023 dalam sambutannya menyampaikan penghargaan atas kehadiran para delegasi dalam Resepsi Diplomatik yang digelar Indonesia. “BPK memiliki peran independen auditor, dan bertanggung jawab kepada Presiden,” kata Agung.

Ia menyebutkan, BPK tidak hanya melakukan audit finansial tetapi juga melakukan performa auditing. “Berpengalaman sebagai intenal auditor dalam international automic energy agency dan international anti corruption academy,” tegas Agung.

Dalam resepsi  yang menampilkan hidangan khas Indonesia itu, seluruh delegasi RI dalam Sidang Majelis IMO tampil dengan menggunakan busana adat Bali. (**)