PUTRAINDONEWS.COM

OKU – SUMSEL | Dewan Pengurus Pusat (DPP)  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Suara Independent Kesatuan Aksi Peduli Indonesia (SIKAP Indonesia ) bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melaksanakan kegiatan pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PSRT) untuk pemanfaatan pekarangan rumah dengan teknologi sederhana dan tepat guna, di laksanakan di kantor sekretariat Jalan Lubuk Hidung Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, Senin (25/11).

Pembukaan pelatihan pengelolaan sampah dibuka langsung oleh Bupati Ogan Komering Ulu yang di wakili kepala Kesbangpol OKU Taufik SH MM melalui Kabid Bidang Ideologi dan Perekonomian, Halim SE, dihadiri juga  Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman, Kadus Dusun Satu Achamadi Saleh SE, anggota BPD Nasril Effendi, Ulamah, dan tokoh masyarakat.

Ketua LSM SIKAP Indonesia Susanto, SH mengatakan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang sedang diselenggarakan ini bertujuan mensosialisasikan cara mengelola sampah rumah tangga guna Pemanfaatan Pekarangan Rumah Dengan Tekhnologi Sederhana dan Tepat Guna yang dapat di jadikan pupuk.

Selain itu menurut Susanto dengan pelatihan ini diharapkan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Dengan pengetahuan yang didapat ini ternyata sampah yang selama ini dianggap tidak berguna yang selalu jadi keluhan rumah tangga dan masyarakat ternyata bisa di manfaatkan dengan cara diolah menggunakan metode yang sederhana baik itu sampah organik maupun sampah non organik, jika dikelola untuk jadi usaha maka bisa juga menjadi penghasilan bagi ibu rumah rangga.

Ditambahkan Santo, kegiatan ini juga merupakan bentuk kemitraan antara LSM SIKAP Indonesia dalam turut mendukung program Adipura Pemerintah Kabupaten OKU.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Tanjung Baru mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Lembaga Swadaya Masyarakat Suara Independen Kesatuan Aksi Peduli Indonesia (LSM SIKAP Indonesia) karena keberadaan LSM SIKAP di desa Tanjung Baru sangat mendukung program-program pemerintah desa, selalu melakukan berbagai kegiatan, baik kegiatan sosial maupun kegiatan pembangunan.

Lanjut Amin Rahman, kegiatan yang dilaksanakan hari ini tentang Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga sejalan dengan program Pemerintah Desa Tanjung Baru dan Pemerintah Kabupaten OKU, semoga dari kegiatan pengolahan sampah ini bermanfaat untuk masyarakat dalam menjaga lingkungan menjadi bersih dan menciptakan pola hidup sehat serta dapat menambah penghasilan tambahan dalam rumah tangga.

Sambutan kepala  Kesbangpol OKU Taufik SH MM melalui  Kabid Bidang Ideologi dan Perekonomian, Halim SE, menyampaikan permohonan maaf kepada panitia kegiatan pengelolaan sampah dan peserta karena Kepala Kesbangpol tidak dapat hadir dikarenakan ada kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan.

Pemerintah Kabupaten OKU mengucapkan terima kasih kepada LSM SIKAP Indonesia yang telah berperan aktif serta memberikan sumbangsih positif kepada masyarakat yang merupakan salah satu langka dalam meningkatkan pemberdayaan sumberdaya manusia.

Lanjut Halim, Pemerintah Kabupaten OKU akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan oleh Ormas dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Sebagai Narasumber, Gatot Arifianto berasal dari provinsi Lampung, begitu berharap pengetahuan ini agar bermanfaat bagi peserta kegiatan dan agar dapat di terapkan di lingkungan rumah tangganya.

Kegiatan pelatihan pengelolahan  sampah rumah tangga di ikuti sebanyak 48 peserta yang berasal dari berbagai kelurahan dan desa yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu .

Kegiatan pelatihan ini di selenggarakan selama satu hari penuh, setelah penyampaian secara teori oleh nara sumber berikutnya di lanjutkan dengan tanya jawab dan praktek cara pengelolaan sampah tersebut. Di akhir acara langsung pembagian alat alat Mini Komposter dan alat Bio Aktivat

( IMO Indonesia Sumsel )