PUTRAINDONEWS.COM

SOLOK – SUMBAR | Mengusung visi ‘Bersama Membangun Pertanian Modern dan Pariwisata Menuju Solok Maju, Sejahtera dan Religius’ salah satu kandidat kuat Bupati Solok periode 2020-2024 Iriadi Dt Tumanggung yakin dirinya mampu mengemban amanah nantinya sebaik mungkin. Apalagi searah visi dan misinya tersebut, Iriadi akan membangun Solok dengan bermodalkan pertanian modern dan pariwisata yang menjadi andalan.

“Langkah awal tentunya harus merubah maindset masyarakat yang selama ini masih banyak mengandalkan pola pertanian tradisional ke pertanian modern. Karena Negara-negara maju saat ini telah meninggalkan pola pertanian tradisional tersebut,” ujar Iriadi kepada sejumlah awak media, Sabtu (30/11).

Ditambahkan, banyak aspek yang bisa efisiensi seperti penggunaan lahan sempit yang bisa menghasilkan maksimal serta waktu panen yang relatif lebih singkat. Pada akhirnya, pola pertanian modern ini diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut alumni Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya ini, Kabupaten Solok kaya akan sumber daya alam sehingga pemanfaatannya harus dioptimalkan. Jika dirinya dipercaya menakhodai Kabupaten Solok mendatang banyak hal yang akan diprioritaskan.

“Kita akan lobi Pemerintah Pusat untuk membangun sarana dan prasarana irigasi modern yang mampu memenuhi kebutuhan semua area persawahan yang ada. Tak kalah pentingnya adalah membangun pabrik pengolahan hasil pertanian dalam satu kawasan terintegrasi seperti pabrik saus dalam kawasan pertanian tomat. Hal ini penting di samping bisa menjamin mutu hasil produksi, juga dapat memangkas biaya transportasi dan harga akan lebih terjangkau,” ujarnya.

Di samping itu, juga harus dibangun sarana transportasi dengan berbagai moda terintegrasi dengan wilayah pertanian. Petani tak harus mengeluarkan banyak biaya operasional tinggi untuk menjual hasil pertaniannya.

“Saya yakin dengan berbagai upaya tersebut akan mampu menjadikan Kabupaten Solok lebih sejahtera dan maju,” tutup Iriadi.

Abi – Sumsel