11 KATEGORI UMKM, Dalam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020

PUTRAINDONEWS.COM

BANTEN | Sebanyak 11 kategori UMKM dan ekonomi kreatif peraih penghargaan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020 diumumkan dalam acara “Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020” yang berlangsung di ICE BSD, Minggu (6/12/2020) malam.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia lahir sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk kebangkitan industri ekonomi kreatif tanah air agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Gerakan tersebut kemudian dijalankan dengan sinergi aktif dari 13 Kementerian/Lembaga di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya secara daring di “Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020”, mengatakan, Indonesia merupakan negara besar. Dengan jumlah penduduk dan daya beli yang terus meningkat, Indonesia juga memiliki potensi pasar yang sangat besar. Namun dengan kekuatan pasar yang besar tersebut, jangan sampai justru dimanfaatkan oleh negara lain.

“Kita harus memanfaatkan pasar yang besar ini untuk meningkatkan industri di dalam negeri dan mempercepat industrialisasi, membuat produk dalam negeri, sekaligus menciptakan lapangan kerja.

Kita tidak boleh sebatas sebagai konsumen yang menjadi target pasar dari produk-produk negara lain padahal kita memiliki produk dalam negeri yang hebat banyak anak bangsa yang mampu menghasilkan karya-karya hebat apalagi di bidang industri kreatif seperti fesyen, kuliner, kriya, film, musik, animasi, game, dan sebagainya,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden mengajak seluruh komponen bangsa memanfaatkan momen saat ini untuk memperkuat industri dalam negeri dan memperkuat industri kreatif nasional. Indonesia, kata Presiden, harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan produk-produk yang berkualitas dan kompetitif.

Bahkan dengan program percepatan transformasi digital, industri kreatif nasional seharusnya mampu merebut pasar global dan bersaing dengan negara-negara lain sekaligus menjadi duta dan branding Indonesia di dunia internasional.

BACA JUGA :   Virus Covid-19 Mewabah, KPK Pastikan Pemberantasan Korupsi Jalan Terus

“Kita akan terus memperbaiki ekosistem berusaha bagi para pelaku industri kreatif. Kita harus menciptakan lebih banyak peluang bagi industri dalam negeri agar makin berkembang, kita harus terus memunculkan potensi-potensi yang tersembunyi agar tampil memperkaya ragam kreasi khas Indonesia,” ujar Presiden.

Kecintaan 270 juta rakyat Indonesia terhadap produk dalam negeri dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan Indonesia akan membantu menekan defisit transaksi berjalan akan membuat industri kreatif nasional berkembang cepat dan pesat.

“Hal ini akan berdampak sangat besar bagi perekonomian Indonesia, rantai pasok yang panjang akan membuka industri turunan terutama sektor UMKM akan membuka lapangan kerja baru yang semakin banyak dan berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi nasional,” kata Presiden.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia juga harus disertai dengan gerakan peningkatan kualitas dan daya saing. Dua gerakan harus dilakukan secara bersamaan melalui pengembangan ekosistem dan rasa percaya diri sebagai bangsa yang besar yang mencintai negerinya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020.

“Tujuan dari anugerah Bangga Buatan Indonesia ini adalah memberikan apresiasi kepada UMKM dan pelaku ekonomi kreatif atas semangat untuk tetap konsisten dan berinovasi mengembangkan produk di tengah situasi sulit akibat pandeni COVID-19,” kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio.

Wishnutama mengatakan, penghargaan ini diharapkan dapat memberi inspirasi bagi pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk tetap semangat dan pantang menyerah dalam berkarya.

“Terima kasih atas partisipasi dan dukungan seluruh pihak atas terselenggaranya Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020,” kata Wishnutama.

Peraih Anugerah BBI 2020

Malam penghargaan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020 dilaksanakan di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Malam penghargaan dihadiri sejumlah menteri secara daring seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

BACA JUGA :   Masuk Peralihan Musim, Waspada Lonjakan DBD 'Kota Bandung Tertinggi Nasional 4.196 Kasus'

Turut hadir pengisi acara seperti Vincent, Desta, Ardhito Pramono, Arie Kriting, Dodit Mulyanto, Marion Jola, Via Vallen, Nella Kharisma, RAN, Opie Kumis, Rizky Febian, dan masih banyak lagi. Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020 disiarkan secara langsung di YouTube Kemenparekraf dan salah satu televisi nasional.

Para peraih penghargaan termasuk tiga besar nominasi mendapatkan hadiah uang tunai dan fasilitasi dari pemerintah.

Serta hadiah tambahan dari sponsor seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank BTN, Garuda Indonesia, Pegadaian, Pertamina, Telkom Indonesia, Citilink, Link Aja, BliBli, Bukalapak, Gojek, Grab, Shopee, Tokopedia, dan Shipper.

Keseluruhan pelaksanaan acara malam penganugerahan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut daftar peraih Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020:

Kategori Kecantikan dan Kebugaran: Spirusea
Kategori Animasi: Si Juki
Kategori Fesyen: Arane
Kategori Manufaktur: Sunkrisps
Kategori Kuliner: Mocafine by Rumah Mocaf Indonesia
Kateogri Kriya: Du Anyam
Kategori Event: SIPA (Solo International Performing Arts 2020)
Kategori Musik: Secukupnya (Hindia)
Kategori Gim: Agate
Kategori Aplikasi: Kecilin
Kategori Film: Perempuan Tanah Jahanam

Penghargaan Khusus – Kemenkop UKM:

1. Penghargaan Khusus Anugerah BBI untuk Usaha Skala Kecil*: Pavettia Skincare – Erika Ernawati Simangunsong (Purwakarta, Jawa Barat);

2. Penghargaan khusus – Anugerah BBI untuk Usaha Skala Menengah*: IDCloudhost / PT Cloud Hosting Indonesia – Muhammad Mufid Luthfi (Pekanbaru, Riau);

3. Penghargaan Khusus Anugerah BBI untuk Pejuang UKM dari daerah Terjauh (Remote):* Virgil Coffee – Siprianus Karolus Guru Naga (Ende – Flores NTT). Red/ RH

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!