Gubernur Tinjau Langsung Wilayah Terdampak Banjir

PUTRAINDONEWS.COM

Tangerang – Banten | 02 Januari 2020. Gubernur Banten Wahidin Halim  meninjau langsung beberapa titik Banjir yang terjadi di berbagai lokasi di Prov Banten yang diakibatkan oleh hujan deras sejak semalam, Rabu Siang, 1 Jan 2020 Gubernur Banten mengunjungi lokasi banjir di Ciledug Indah Kota Tangerang.

Melihat kondisi tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim langsung menginstruksikan agar OPD terkait baik BPBD, PUPR dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten sejak pagi hari tadi langsung menuju ke beberapa lokasi bencana Banjir di beberapa lokasi baik di Lebak,Tangerang dan Tangerang Selatan guna membantu Kabupaten/Kota yang wilayahnya terkena banjir.

Satgas BPBD Provinsi Banten telah disiagakan selain untuk membantu BPBD setiap Kabupaten/Kota juga dalam rangka memonitor musibah banjir yang terjadi di wilayah beberapa titik lokasi, agar dapat terantisipasi dengan cepat.

Selain itu Gubernur Banten juga memerintahkan Dinas Teknis terkait agar Semua informasi di lapangan dapat dikumpulkan dengan segera mengingat hujan dengan intensitas tinggi banyak mengakibatkan banjir bandang, longsor dan meluapnya beberapa sungai, dan memutus berbagai akses jalan sehingga masyarakat dapat segera mendapatka bantuan serta informasi secara jelas dan selanjutnya agar dapat segera dilakukan langkah2 se segera mungkin terutama yang berkaitan dengan akses jalan, jembatan, penyediaan air bersih maupun dapur umum.

BACA JUGA :   Peduli Warga Kades Sumub Lor Karso Bagikan Masker Dan Semprot Disinfektan Tiap Rumah

Dari beberapa informasi monitoring di wilayah, terdapat beberapa kecamatan di Kab Lebak akibat banjir Bandang Sungai Ciberang diantaranya beberapa Kampung di Di Kec Lebakgedong, Kec Cipanas, Kec Lebakgedong, Kec Bayah, yang terkena dampak banjir.

Sementara di Kota Tangerang Selatan beberapa perumahan yang terkena dampak banjir diantaranya perumahan Serpong, dan di kota Tangerang yang mendapatkan dampak terbesar dari meluapnya kali Pesanggrahan adalah perumahan Ciledug Indah.

Seperti diketahui dari semalam hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Banten, deras curah hujan dengan waktu yang cukup lama hingga pagi hari telah mengakibatkan meningginya debit air beberapa sungai yang meluap dan membanjiri perkampungan maupun perumahan-perumahan warga, terutama lokasi yang berada di sekitar bantaran sungai.

BACA JUGA :   Program Adventure-Run, Walikota Bandung ; ikhtiar Meningakatkan Imunitas

Respon kesehatan dampak banjir yang telah siaga dari Prov Banten untuk Kota Cilegon berada di Wilayah terdampak PKM Pulomerak, PKM Jombang dan PKM Cilegon. Dari 7 Desa yang terdampak telah disiapkan Posko Kesehatan di 3 lokasi, dengan rata-rata Hasil pemeriksaan Kesehatan di Posko adalah penyakit Diare, Flu, Batuk, dan kulit. Dinkes Provinsi Banten telah menyediakan Obat2an, Sanitarian Kit, PMT serta Sepatu Bot.

Sementara untuk di Kabupaten Lebak Dinkes Provinsi Banten menyiapkan 1 posko kesehatan utama dan 5 posko kesehatan tambahan yang berada di lima titik: Leuwi Sema, Cikondang, Nanggerang, Nunggu dan Kp. Bujal, juga membantu Dinkes Kqb Lebak di lokasi pengungsian yg ada di GOR desa Banjaririgasi dimana sampai dengan makam ini terdapat 269 pengungsi dan langsung diberikan pemeriksaan kesehatan. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!