Gunung Merapi Erupsi, Tinggi Kolomnya Capai 2.000 Meter

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mengalami eruspi pada hari ini (13/2)..Tinggi kolom erupsi yang terjadi pukul 05.16 WIB mencapai 2.000 m. Ujar Agus WibowoKepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB kepada media, kamis 13/02/20 pagi.

Agus mengatakan bahwa balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) – PVMBG mengamati angin berhembus ke arah barat laut, sedangkan eruspi terjadi selama 150 detik. Namun, pantaian saat ini angin berhembus tenang.

BACA JUGA :   BERANGSUR SURUT, Intensitas Hujan Tinggi dan Luapan Sungai Menjadi Penyebab Kabupaten Katingan Dilanda Banjir

Gunung Merapi yang terakhir meletus hebat pada 2010 lalu masih berstatus level 2 atau ‘Waspada’ sejak 21 Mei 2018. Pada level tersebut, PVMBG merekomendasikan warga atau pengunjung tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 km dari puncak gunung. Warga juga diharapkan untuk mampu mengantisipasi potensi abu vulkanik, awan panas maupun letusan eksplosif. Kata Agus.

BACA JUGA :   Dinilai Responsif, Kejaksaan Agung Mendapat Penghargaan Dari Kementerian Hukum dan HAM

Di samping itu, PVMBG mencatat potensi bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif. Demikian juga, potensi bahaya lahar, khususnya apabila terjadi hujan di sekitar puncak gunung, pungkasnya. (*)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!