Menparekraf: Terapkan ‘Inbound Strategy’, Bawa Orang Luar Masuk ke Indonesia Bukan Sebaliknya

PUTRAINDONEWS.COM

Jakarta | 18 Februari 2020. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama, menyampaikan ada beberapa hal strategis yang akan diterapkan dalam waktu segera, yaitu bagaimana Grand Strategy pariwisata Indonesia yang terkait juga dengan kementerian dan lembaga lain adalah memakai inbound strategy.

“Kenapa inbound strategy, karena untuk mendatangkan, ujungnya untuk mendatangkan devisa kepada Indonesia itu sendiri. Sehingga mindset daripada maskapai dan lain sebagainya akan diarahkan untuk membawa orang luar yang ingin masuk ke Indonesia, bukan orang Indonesia pengen keluar ke mana,” kata Menparekraf memberikan contoh inbound strategy kepada wartawan usai Rapat Terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Senin (17/2).

Sebelumnya, Menparekraf menjelaskan juga mengenai peningkatan Travel Tourism Competitiveness Index Indonesia yang sekarang berada posisi di 40. “Kita berniat untuk meningkatkan rangking kita menjadi posisi ke-38, antara 36-38 di tahun 2021 dan itu dilakukan setiap 2 tahun sekali. Sebagai gambaran Thailand sekarang posisi 31, Vietnam 63, dan Malaysia 29,” tambahnya. Masalah konektivitas dan seat capacity, menurut Menparekraf, Presiden memutuskan untuk meningkatkan jumlah seat capacity menuju Indonesia. Sebagai gambaran, sambung Wishnutama, Thailand seat capacity-nya ada 57 juta, Singapura ada 35 juta, Malaysia ada 44,8 juta, dan Indonesia 25 juta.

“Dan sebagai catatan penting, 25 juta seat ini ternyata loud factor-nya 76%. Dan 76% ini loud factor sudah termasuk paling tinggi dibandingkan negara-negara lain di tetangga kita, di sekitar kita,” katanya. Jadi, kalau 25 juta, lanjut Menparekraf, 76% loud factor-nya tinggal 19 juta, dan tambahannya lagi 5,5 juta dipakai oleh orang Indonesia, sehingga sisa seat-nya adalah 13,6 juta. “Nah, artinya ini bagaimana kita bisa meningkatkan apa namanya jumlah konektivitas dan seat capacity. Begitu juga kita juga harus mencari potensi-potensi dari negara-negara atau kota-kota yang menjadi target market kita,” ujar Menparekraf seraya menambahkan untuk mencari kota-kota lain yang menjadi target market atau menambah frekuensi penerbangan.

BACA JUGA :   EXOTICNYA PULAU SEMAU dan Destinasi Langit Gelap Mutis Timau Kupang Serta kerajaan Amfoang

“Tentunya ini juga salah satu upaya kita untuk meningkatkan kualitas tourism kita,” katanya. Ia menggambarkan bahwa meski Australia jumlah wisatawannya tahun 2019 hanya 9 juta, tapi devisa yang dihasilkan adalah 31 billion USD, namun Malaysia 25 juta visitor-nya, kurang lebih hasil devisanya juga 25 billion USD. “Jadi memang strategi meningkatkan kualitas tourism ini adalah satu hal yang penting untuk pariwisata kita ke depan,” tambahnya. Strategi Hadapi Covid-19 Terkait Corona Virus, Menparekraf menyampaikan bahwa saat ratas telah dibahas berbagai macam potensi untuk melakukan insentif, diskon penerbangan, dan lain sebagainya. “Nah, ini tadi sudah diarahkan oleh Bapak Presiden untuk saya, Menteri Perhubungan, dan Menteri Keuangan membahas skema-skema insentif yang dapat segera kita lakukan dan kita akan umumkan minggu ini secara detail,” ujarnya.

BACA JUGA :   POTENSI KOPI LOKAL Jadi Destinasi Wisata NTB

Tadi berbagai macam usulan, menurut Wishnutama, sudah disampaikan dan akan coba dibahas di level menteri secara detail apa yang bisa dilakukan dalam kaitan insentif, diskon, dan lain sebagainya. Masa ini, menurut Wishnutama, sangat krusia, karena seperti kita ketahui Coronavirus ini terjadi di bulan Januari dan hebohnya itu di bulan Februari, sedangkan bulan Februari, Maret, dan April adalah masa booking period. “Masa booking period untuk liburan musim panas atau summer holiday. Ini juga pasti akan berpengaruh pada liburan di musim panas, karena masa booking itu terjadi sekarang-sekarang ini,” tambahnya. Dampak Corona Virus ini, sambung Menparekraf, bisa punya dampak ke masa liburan summer, katakanlah kalau Corona Virus ini selesai tidak serta merta langsung, tapi perlu recovery time agar pulih seperti sediakala.

“Pemerintah dalam hal ini akan berupaya dengan berbagai macam hal yang akan kita lakukan. Dan kami juga harus berkoordinasi lagi dengan Menteri keuangan dan Menteri perhubungan dan juga Menteri BUMN dalam hal insentif, diskon, dan lain sebagainya yang bisa kita lakukan dalam waktu secepat mungkin,” pungkas Menparekraf di akhir pernyataan pada pers. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!