Ketua DPRD Jabar Bersama Gubernur Bahas Pelaksanaan Test Masal COVID-19

PUTRAINDONEWS.COM

BANDUNG – JABAR | Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Brigjen TNI (purn) Taufik Hidayat bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Test Masal COVID-19 di Jawa Barat. Banyak hal turut dibahas dalam pertemuan itu, salah satunya terkait langkah langkah taktis menyiasati penyebaran COVID-19 yang kian masif.

Taufik menyebut perkembangan penyebaran COVID-19 di penjuru dunia terus mengalami peningkatan cukup drastis.

Indonesia, kata dia, meski sedikit lebih telat jika dibandingkan dengan beberapa negara lainnnya yang lebih dulu terpapar, jumlah kasus terus meningkat tajam.

Taufik mengatakan, di Jawa Barat sendiri jumlah kasus positif COVID-19 terus bertambah, bahkan berada di urutan kedua tertinggi setelah DKI Jakarta.

Berdasarkan update data resmi, jumlah kasus positif COVID-19 di Jabar mencapai 59 kasus, di bawah angka DKI yang menembus 353 kasus.

BACA JUGA :   15 Creative Methods to Sharpen Your Interior Decor

Hal ini setaut dengan data resmi pemerintah daerah (pemda) Jabar sebagaimana mengacu pada Pusat Informasi & Koordinasi Provinsi Jawa Barat (PIKOBAR) pada Senin (22/3/2020), yang mencatatkan sebanyak 59 orang dinyatakan positif, 5 orang sembuh, 9 orang meninggal dunia, 292 orang/pasien dalam pengawasan (PDP) dan 1404 orang dalam pemantauan (ODP).

Kendati demikian, Taufik mengatakan sejauh ini pemerintah provinsi (pemprov) Jabar sudah cukup intens melakukan pemantauan dan penanganan penyebaran COVID-19.

Hanya saja, Ketua DPD Gerindra Jabar itu mengaku gerakan yang ditempuh oleh pemprov Jabar sejauh ini masih belum cukup terekspos ke publik.

“Saya kira reaksi kita sudah tepat. Saya juga mengapresiasi langkah pak Gub, hanya saja gerakan kita ini jangan sampai terkesan diam-diam. Bahkan, bila perlu setiap gerakan kita di-blowup agar masyarakat tahu kalau kita bergerak,” kata Taufik di Gedung Pakuan Kota Bandung, Senin (23/3/2020).

BACA JUGA :   PUJI KREATIVITAS PEMUDA BANTUL, LaNyalla ; Indonesia Membutuhkan Lebih Banyak

Taufik juga mengingatkan kepada warga agar tetap waspada terhadap pandemi global ini. Disebutnya, meski tak perlu panik dalam menyikapi penyebaran virus corona ini, tidak berarti harus meremehkan juga.

“Prinsipnya, kita tetap waspada sembari menjaga kesehatan masing-masing salah satunya dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan menjaga jarak sosial (social distancing) sesuai imbauan pemerintah,” tuturnya.

Terkait langkah penanganan COVID-19 di Jabar, Taufik menyarankan supaya dilakukan penyemprotan disinfectan secara berkala di setiap tempat umum atau titik kumpul warga. Hal itu guna menjaga sterilisasi area atau lingkungan dari penyebaran virus.

Selain itu, Taufik juga meminta supaya selain fokus terhadap penanganan COVID-19, juga tetap memperhatikan penyakit penyakit lain semisal DBD.

Terkait lokasi pelaksanaan test masal COVID-19 rencana akan digelar di halaman Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. RED/H&R

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!