Agar Lebih Waspada, PUSICOV Ungkap Peta Sebaran Wabah COVID-19

PUTRAINDONEWS.COM

BANDUNG – JABAR | Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov) Kota Bandung merilis fitur baru pada laman website covid19.bandung.go.id, yaitu peta sebaran Covid-19 di Kota Bandung dan cek mandiri untuk warga. Keduanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan warga akan sebaran penyakit baru ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Anton Sunarwibowo mengatakan, kedua fitur itu sebetulnya sudah lama ada di website tersebut, khususnya fitur peta sebaran. Namun, selama ini baru digunakan untuk internal Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung saja untuk melihat peta sebaran Covid-19.

“Sebetulnya kami sudah menyiapkan peta itu untuk kebutuhan internal. Sudah disiapkan beberapa minggu yang lalu. Namun, untuk pertimbangan kondisi agar tetap kondusif, masih dipakai unuk pimpinan,” ujar Anton, Minggu (29/3/2020).

Data tersebut dirilis bertahap kepada publik agar tidak terjadi kepanikan. Kini, setelah kesadaran publik relatif meningkat, Pusicov membuka data sebaran dalam bentuk peta untuk meningkatkan kewaspadaan warga akan penyakit ini.

BACA JUGA :   10 RIBU PAKET SEMBAKO, Gubernur Wahidin Lepas Bantuan ASN Banten Dari UPZ

“Seiring berjalannya waktu, partisipasi masyarkat menjadi semakin penting. Jadi, gerakan berdiam di rumah harus mulai dipahami dan disadari bukan hanya oleh pihak Pemkot. Mudah-mudahan warga mulai sadar untuk ikut mengurangi penyebaran Covid-19 dengan berdiam diri di rumah,” beber Anton.

Pada peta tersebut, pengunjung situs dapat melihat data Orang dalam Pemantauan (ODP), Pasien dalam Pengawasan (PDP), dan pasien positif di tiap kecamatan. Ada tiga indikator warna yang diperlihatkan, yaitu biru, kuning, dan merah. Indikator biru menunjukkan hanya ada ODP di wilayah tersebut. Sedangkan kuning berarti sudah ada ODP dan PDP. Sementara itu, indikator merah artinya terdapat pasien positivf Covid-19, PDP, dan ODP.

Dilihat dari sebaran titiknya, tampak seluruh kecamatan setidaknya sudah terdapat ODP. Data per 28 Maret 2020, ada 7 titik biru, 13 titik kuning, dan 10 titik merah.

“Seluruh kecamatan sudah ada ODP, karena Kota Bandung ini mobilisasi penduduknya cukup tinggi, belum lagi ada yang mudik dari luar kota. Maka dari itu kita selalu mengimbau warga agar jangan bepergian kemana-mana,” pinta Anton.

BACA JUGA :   DAMPAK COVID-19, PWI Sumsel Minta Pemda dan Pemkot Tidak Porong Anggaran Kerja Sama Media

Selain peta sebaran, Pusicov juga menyediakan fitur untuk melakukan pemeriksaan mandiri. Di sana, warga bisa mengecek potensi kemungkinan terpapar virus corona.

“Karena di fitur ini kami tidak meminta data pribadi, jadi warga yang terdeteksi oleh aplikasi berpotensi terpapar virus, mohon segera menghubungi 119 untuk melapor atau berkonsultasi,” jelasnya.

Hingga berita ini ditayangkan, telah lebih dari 7400 responden yang telah melakukan cek mandiri. Anton berharap, jika warga sudah mengecek secara mandiri, mereka akan lebih bisa mengantisipasi lebih baik.

“Kalau sudah aman, baiknya tetap tenang dan terus melakukan physical distancing. Apalagi kalau tidak aman, langsung segera melapor. Data-data ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan kita sehingga penyebaran penyakit bisa dicegah bersama-sama,” tandasnya. (Red./Iwnaruna)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!