Gempa M 6,8 Guncang Morotai

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Gempabumi dengan magnitudo 6,8 mengguncang wilayah Maluku Utara, Kamis (4/6) pukul 15.49.40 WIB.

Episenter gempa tersebut berada pada koordinat 2.93 LU dan 128.19 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 99 km arah Utara Kota Daruba, Pulau Morotai, Maluku Utara pada kedalaman 111 km.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan bahwa gempat tersebut terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina. Menurut analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

BACA JUGA :   RESMIKAN Brebes Timur - Pemalang 42.7 Km, Tol Trans Jawa Semakin Terhubung

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktifitas subduksi Lempeng Laut Filipina,” jelas Daryono.

Adapun guncangan gempa tersebut dirasakan di Morotai dalam skala intensitas IV MMI dan membuat warga berlarian ke luar rumah.

Sedangkan di Manado, Bitung, Minahasa, Bolmong, Ternate, Sitaro, Tahuna, Tobelo, Sofifi, dan Talaud guncangan dirasakan dalam skala intensitas II-III MMI.

BACA JUGA :   Komisi I DPRD Riau Mengingatkan Masyarakat Agar Tidak Menerima Uang Suap dari Caleg Menjelang Pemilu

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 16.03 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!