Ratusan Rumah Rusak Pascagempa M6,8 Maluku Utara

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Puluhan rumah rusak akibat guncangan gempa magnitudo 6,8 yang terjadi kemarin sore (4/6). Rumah rusak tersebar pada 6 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Morotai.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan per Jumat (5/6), pukul 22.50 WIB, kerusakan rumah terjadi di 6 kecamatan, yakni Kecamatan Morotai Selatan, Morotai Timur, Morotai Utara, Morotai Jaya, Morotai Selatan Barat dan Pulau Rao. Total rumah rusak berjumlah 128 unit, dengan rincian 99 unit rumah rusak ringan (RR), 18 unit rumah rusak sedang (RS) dan 11 unit rumah rusak berat (RB)

BACA JUGA :   PANGDIVIF 1 KOSTRAD Buka Kejuaraan Beladiri Militer Tersebar Piala Kasad Tahun 2020

BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai mencatat tidak ada korban jiwa akibat gempa yang terjadi pada pukul 15.49 WIB.

BPBD setempat melaporkan pascagempa terjadi evakuasi warga. Masih terdapat masyarakat yang bertahan di dataran ketinggian atau di rumah saudara karena trauma.

Sesaat setelah gempa, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai dan instansi terkait melakukan penanganan darurat, seperti memastikan pertolongan korban dan pendataan kerusakan. Saat ini masih terus dilakukan pendataan di lapangan.

BACA JUGA :   PP No. 77/2019: Pencegahan Tindak Pidana Terorisme Melalui Kesiapsigaan Nasional, Kontra Radikalisasi dan Deradikalisasi

BMKG mengkoreksi parameter gempa yang sebelumnya berkekuatan M7,1 menjadi M6,8. Gempa yang terjadi pada kedalaman 111 km berada pada 99 km arah utara Kota Daruba, Pulau Morotai, Maluku Utara.

Guncangan gempa tersebut dirasakan sedang oleh warga Kota Ternate selama 2-3 detik di Kota Ternate, sedangkan mereka di Kabupaten Halmahera Barat lemah selama 2-3 detik.

BNPB terus memonitor perkembangan pascagempa dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat dalan penanganan darurat. RED/BEN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!