Bentuk Keharmonisan Babinsa dan Warganya di Saat Makan Siang Bersama di Tengah Sawah

PUTRAINDONEWS.COM

PENAJAM – KALTIM | Pengabdian serta panggilan tugas yang di emban oleh prajurit TNI-AD di satuan Teritorial pastinya berbeda dari pasukan tempur yang tak lepas dari latihan dan tugas perang.

Salah satu contoh dari satuan jajaran Kodim 0913/PPU tepatnya di Koramil Penajam, Serda Herry Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah yang tak kenal libur dengan tetap aktif dalam pembinaan Kewilayahan yaitu di antaranya dengan terjun langsung ke sawah di mana pada saat itu salah satu warganya sedang panen padi, Sabtu (4/7/2020).

Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah bersama dengan Petugas Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Penajam seringkali terlihat mondar-mandir disawah penduduk wilayah Binaanya untuk memberikan semangat bercocok tanam dan sekaligus memberikan arahan tentang tata cara mengolah lahan, merawat tanaman, penyiapan lahan, pemilihan bibit, perawatan serta penanggulangan hama sampai masa panen tiba.

Keharmonisan Babinsa Serda Herry terlihat ketika bersama Mustaming Warga Rt 01 Kel Tanjung Tengah dan M. Aliansyah yang merupakan Driver mesin Handpangan saat setelah memanen padi miliknya dengan menikmati hidangan makan siang yang di bawa oleh istrinya ditengah sawah.

BACA JUGA :   SAMBUT NEW NORMAL ; DPC PKB MENDORONG PEMKOT BANDUNG PERHATIKAN PENANGANAN PESANTREN MELALUI FRAKSI PKB

Pada kesempatan yang itu, Mustaming (46) pemilik lahan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pak Babinsa dan PPL yang sering terjun langsung ke sawah bersama para petani.

“Dengan adanya pendampingan dari babinsa dan PPL, sekecil apapun kendala kami di lapangan bisa kami tanyakan secara langsung, dan alhamdulillah hasilnya bisa kita rasakan, “Ucapnya”

Bila perlu untuk waktu yg akan datang kerja samanya lebih di tingkatkan lagi, agar para petani lebih paham tentang tata cara mengolah lahanya, sehingga petani bisa makmur dengan hasil yg dicapai. “Pintanya.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat untuk bisa bekerjasama dalam rangka peningkatan program Ketahanan Pangan Nasional yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

BACA JUGA :   Hadiri Musrembang Kota Serang,  Kapolsek Pastikan Kelangsungan Acara Agar Pembangunan Dapat Terlaksana

“Kalau kita sering terjun langsung ke lapangan dan melakukan komunikasi akan terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, komunikasi dengan masyarakat tidak mengenal tempat, dimana masyarakat berbuat di situ saya selalu berusaha untuk hadir, ini sebagai wujud kedekatan TNI dengan masyarakat,” ucap Serda Herry.

Disamping itu Babinsa akan selalu melaksanakan pendampingan Kepada para petani dengan tujuan untuk memajukan pertanian di wilayah serta menghimbau kepada warga yang ada di sawah agar senantiasa tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada antara lain tetap menjaga jarak, mengunakan masker dan mencuci tangan sebagai upaya untuk mencegah dan memutus penyebaran virus Corona.

“Semoga wabah ini segera dapat di atasi, dan kita harus bersama-sama bergotong royong untuk melawan virus covid-19 ini, salah satunya dengan kegiatan ini yang dapat menjaga ketahanan pangan di wilayah kita”, pungkasnya. Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!