RAGAM KULINER NUSANTARA, Sensasi Pongek Cubadak Plus Ikan Kaluih Ala Nagari Maek

PUTRAINDONEWS.COM

LIMAPULUH KOTA – SUMBAR | Banyak ragam kuliner di Luak Limopuluah ini siap memenuhi selera para penikmat masakan Minang Ala Luak Limopuluah. Tapi yang satu ini ada uniknya. Selain hanya sering dijumpai di saat ada pesta atau hajatan. Rasa pedas dan enak akan berpacu dilidah kita. Pongek dinamakan oleh masyarakat asal menu ini.

Pongek Cubadak dan Ikan Kaluih khas Nagari maek ini berbahan utama nangka alias cubadak, Ikan Kaluih bin Gurami dan daun pucuk ubi bin singkong.

BACA JUGA :   Program Pengembangan Kapasitas dan Pembiayaan UMKM Kuliner Kembali Digelar

Pangek Ikan dan Cubadak ini dimasak tidak jauh beda dengan menggulai biasanya di ranah ini. Pakai santan kelapa cabe dan bumbu gulai lainnya. Cuma cabe dua jenis, Cabe biasa dan cabe rawit. Ini yang membuat harum dan pedas tapi enak dilidah.

Nagari Maek Kecamatan Bukitbarisan Kabupaten Limapuluh Kota ini banyak menyimpan ragam pesona alam dan budaya. Terkenal juga dengan julukan nagari Seribu Menhir dan Bukik Posuak alias bukit tembus.

BACA JUGA :   BISNIS OLAHAN IKAN, "The Boboko" Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Masa Pandemi

Masyarakat Nagari ini berprofesi bertani, baik sawah maupun ladang. Dan memiliki kolam ikan seakan sudah kewajiban disetiap rumah yang ada di daerah ini. Sehingga tak heran kuliner berbahan ikan dari negeri ini enak enak seperti pongek ikan kaluih dan cubadak. Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!