DIBIDANG HUKUM DAN KEAMANAN, Menko Polhukam dan Mendagri Australia Pertegas Kerjasama Kedua Negara

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Menko Polhukam Mahfud MD berdiskusi dengan Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton dalam pertemuan The 7th Indonesia-Australia Ministerial Council Meeting (MCM) on Law and Security (Pertemuan MCM RI-Australia Ke-7) yang dilakukan secara daring hari ini (27/10). Keduanya membahas beberapa isu seputar keamanan regional, repatriasi Foreign Terrorist Fighter, Kerjasama Keamanan Maritim dan konter Terorisme.

Menko menyampaikan pada kesempatan itu, ”Berkembangnya ancaman terorisme dan lainnya, dapat kita atasi hanya dengan Kerjasama yang kuat dan berkesinambungan, melalui berbagai program dan rencana aksi penegakan hukum, tindakan pencegahan, deradikalisasi, konter terorisme, penghentian jalur pendanaan dan penggunaaan teknologi siber oleh jaringan teroris, obat-obatan terlarang, perdagangan manusia, dan juga penanggulangan pandemi Covid-19.”

BACA JUGA :   Dugaan Match Fixing, Publik Mendukung Perjuangan PSSI Untuk Melakukan Protes ke AFF

Dalam pertemuan tersebut, Menko didampingi oleh Duta besar Indonesia untuk Australia, Kristiarto Legowo, dan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, Hasto Atmojo Suroyo. Acara dihadiri juga oleh Sekretaris Menko Polhukam, staf ahli dan para deputi Menko Polhukam, perwakilan dari Kemenlu, Kemnkumham, TNI Angkatan Laut, Densus 88 Anti Teror, Badan Intelijen Negara, BNPT, PPATK, Bakamla.

Pada acara tersebut juga diselenggarakan penandatanganan Nota Kesepahaman kerjasama kedua negara tentang pembangunan kapasitas dan peningkatan perlindungan dan asistensi saksi dan korban. Nota kesepahaman ditandatangani oleh Ketua LPSK dan Menteri Dalam Negeri Australia.

Mendagri Australia Peter Dutton mengatakan, “Hubungan Indonesia dan Australia punya signifikansi, kita mitra setara di bidang keamanan dan maritim. Kolaborasi ini adalah capaian yang besar, bagi kami Indonesia merupakan rekan yang penting di Kawasan dan punya level percaya yang sama.”

BACA JUGA :   Gelaran JFF 2023 Resmi Dibuka di 6 Kota di Indonesia

Menko juga memaparkan, “Kerjasama bilateral, regional, dan multilateral adalah sebuah keniscayaan. Saya yakin tidak ada negara di dunia ini yang mampu mengatasi situasi seperti saat ini sendiri-sendiri.”

Dalam acara ini Menteri Dalam Negeri Australia dan Menko Polhukam saling menyampaikan apresiasi positif atas Kerjasama yang lancar yang selama ini terjadi sejak dulu antar kedua negara.

Kepada Mendagri Australia, Menko menyampaikan apresiasi, “Saya yakin, hubungan bilateral Indonesia-Australia semakin kokoh berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menghormati, saling percaya dan saling menguntungkan.” Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!