Save as PDF

PUTRAINDONEWS.COM

GARUT – JABAR | Truk Container No Polisi. H.1919 GP pembawa pupuk kujang menabarak ranting pohon mahoni hingga patah kejadian depan SMPN 1 Banyuresmi, diwilayah Jln KH. Hasan Arief Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Jawa Barat.

Dampak dari kejadian itu separuh jalan terhalangi truk container, sehingga menggangu aktifitas jalan raya. Dengan sigap Kapolsek Banyuresmi bersama Anggota Polsek Banyuresmi mengevakuasi TKP yang dipimpin langsung Kapolsek Banyuresmi, sehingga arus jalan tetap berjalan lancar walaupun dalam keadaan hujan deras. Minggu, 27/12/2020

Turut hadir dalam proses evakuasi tersebut; Kapolsek Banyuresmi Kompol Drs. H. Krisna Irawan, M.Si, bersama Enam anggota Polsek Banyuresmi, Kabid Pertamanan Dinas Pertamanan Dangnasi Imansyah, Kasi pertamanan H. Dadan Ridwan, Pelaksana Pertamanan Idin, dan petugas regu senso Joko Setio, besama Rijki Maulana, Heru Maulana.

Wahyu salah satu supir truk container menerangkan kejadian menabarak ranting pohon mahoni terjadi ketika hujan deras turun, dimana perjalananya selama tiga hari, perjalanan dari Palembang menuju Garut, menurutnya mobil tersebut membawa pupuk kujang seberat 25 Ton, untuk disimpan di gudang yang ada di Kecamatan Banyuresmi, ungkapnya.

Menurut sakasi mata Ujang menuturkan kejadian itu terjadi sekitar pukul 17.¹⁵ WIB, mobil turuk container dari arah Lewigoong menuju Garut menabarak ranting pohon hingga patah sehingga pohon tersebut menimpa mobil truk contaiener, ucapnya.

Kapolsek Banyuresmi, Kompol Drs. H. Krinsana Irawan, M.Si menjelaskan dalam peristiwa kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, dimana mobil Container membawa pupuk kujang bersama sutu orang supir. Alhamdulillah dengan kesigapan kami semua bersama Dinas Lingkungan Hidup, proses evakuasi selesai kurang lebih satu jam, Tegasnya.

Petugas pertamanan Lingkungan Hidup Kab. Garut; Joko Setio menjelaskan pekerjaan penebangan pohon telah selesai dilaksanakan sesui tugas kami dilapangan. Menurunnya kami menerima laporan sekitar pukul 17.30  WIB, dari pihak Polsek Banyuresmi, Alhamdulillah proses penebangan pohon berjalan dengan lancar hingga selesai pukul 19.⁰⁰ WIB, ungkapnya.

Kabid Pertanaman Kabupaten Garut Dangsani Imansyah, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolsek Banyuresmi dengan turut serta sampai hujan-hujannan untuk ikut serta evakuasi penebangan pohon, mudah mudahan dengan kejadian ini mobil yang bertonase berat dan tinggi yang melintasi jalan Kebaupaten untuk tidak terjadi kembali, ujarnya.

Saya berharap bagi pihak perusahaan dan mereka pengguna jalur jalan-jalan Kabupaten untuk dapat memperhitungkan dan memperhatikan kedaran bertonase barat dan tinggi, untuk menghindari agar taman-taman yang ada dipinggir jalan tetap terjaga, dimana pohon yang ada dipinggir jalan itu berguna untuk menjaga ekosistem alam terbuka, maupun ekosistem yang ada dalam tanah.

Lajut Dangsani sebelumnya Dinas pertamanan sudah melaksanakan pemangkasan ranting pohon yang ada di jalur-jalur dalam Kota, maupun disepanjang jalan yang terdapat pohon yang rapuh, dan ranting yang menghalangi jalan. Pungkasnya. Red/Ben

   Send article as PDF