DPRD JABAR Akui Kolam Retensi Andir Solusi Atasi Banjir

PUTRAINDONEWS.COM

BANDUNG – JABAR | Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Buky Wibawa Karya Guna mengaku fenomena banjir kerap membuat resah warga se-Jawa Barat. Ia pun menyambut baik proyek pembangunan kolam retensi Andir yang diharapkannya menjadi solusi mengatasi banjir di Jawa Barat, khususnya daerah Bandung.

”Prinsip kami adalah untuk memperhatikan kepentingan masyarakat banyak. Kita ketahui warga yang tinggal di bantaran Sungai Citarum kerapkali dilanda bencana banjir. Jadi saya kira ini upaya yang sangat positif,” tutur Buky seusai menghadiri acara Groundbreaking Proyek Pembangunan Kolam Retensi Andir dan Polder-Polder di Kabupaten Bandung dalam siaran pers, Senin (28/12/2020).

BACA JUGA :   Terafiliasi Ke Duta Palma Group, Kejaksaan Sita Kebun & Pabrik Seluas 697.196 M2 Milik Delimuda Perkasa

Buky menegaskan pihaknya mendukung penuh program pembangunan tersebut, yang mana dengan hadirnya kolam retensi itu diyakini mampu mendorong pemenuhan air bagi sektor pertanian dan masyarakat, khususnya mereka yang berada di Kabupaten Bandung.

”Kami DPRD pasti akan mendukung secara penuh upaya-upaya dalam rangka mengatasi banjir. Bencana di Jawa Barat banyak yang disebabkan oleh debit air, oleh karena itu proyek-proyek yang sifatnya penanggulangan saya kira perlu didukung,” terangnya.

BACA JUGA :   Dibangun Bertahap Hingga 2045, PUPR Umumkan Pemenang Sayembara Konsep IKN Nusantara

Selain itu, ia juga meminta agar tidak hanya program pembangunan fisik yang digenjot, melainkan perlu juga program pembinaan masyarakat. Hal ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

”Bagaimana pun sungai ini menjadi sumber kehidupan, bukan tempat untuk membuang segala hal. Saya menghimbau kepada pengusaha yang bergerak di sektor industri tekstil misalnya, yang seringkali membuang limbah-limbah ke sungai,” pungkasnya. Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!