Pendonor Darah di Tangsel Meningkat Tajam

PUTRAINDONEWS.COM

Tangerang Selatan | 01 Juli 2019. Kesadaran masyarakat berdonor darah di Kota Tangerang Selatan meningkat tajam. Saat ini 30 orang warga Tangsel, tercatat mendonorkan darahnya setiap hari.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala unit donor darah Kota Tangerang Selatan, Suhara Manullang dalam acara Halal Bihalal Palang Merah Indonesia (PMI) Tangsel di Kantor PMI Tangsel, Serpong pada Minggu, 30 Juni 2019.

Suhara mengatakan terjadi peningkatan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah jika dilihat dari angka tersebut.

“Sekarang naik 200 sampai 300 persen, biasanya 10 orang sehari sekarang sampai 30 orang sehari, bersyukurnya akhir pekan lebih ramai lagi, dari jumlah itu,” kata Suhara.

Suhara menjelaskan peningkatan itu berkaitan juga dengan peningkatan fasilitas berupa ruang donor darah yang lengkap dan nyaman. Sehingga membuat pendonor lebih yakin untuk mendonorkan darahnya. Sistem pengelolaan donor darah juga didukung peralatan tercanggih.

BACA JUGA :   Awal Tahun 2022, DPW Kamijo Kalbar Kungker Ke Kabupaten Ketapang & Kayong Utara

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany turut senang dengan peningkatan fasilitas yang saat ini dimiliki kantor UDD PMI Tangsel. Airin berharap dengan peningakatan fasilitas dan layanan darah di Kota Tangsel, juga berimbas kepada program kegiatan kemanusiaan yang lebih baik.

“Saya berterima kasih kepada UDD, Pengurus PMI, Kota Tangsel yang telah kompak untuk memiliki komitmen yang sama, visi yang sama memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Airin.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Deden Deni menegaskan pengelolaan darah di Kota Tangsel telah gratis sejak tahun 2018. Deden berharap masyarakat Kota Tangsel bisa memanfaatkan layanan pengelolaan darah gratis secara maksimal

BACA JUGA :   Hari Juang TNI AD Ke-76, Korem 143/HO Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Tahun lalu anggaran kita sebesar Rp5 miliar untuk program ini, tahun ini menjadi Rp2,2 miliar. Karena berdasarkan hasil evaluasi penyerapan tidak sebesar itu. Akhirnya tahun ini kita tetapkan 2,2 miliar. Maka kami berupaya masyarakat Tangsel mengetahui program ini ,” ungkap Deden.

Saat ini, tercatat ada 17 Rumah Sakit Swasta yang telah bekerjasama dengan Dinas kesehatan dan PMI Kota Tangsel, dalam pemanfaatan darah gratis bagi warga Tangsel. “Ada 17 RS yang ter-MoU, ini kita dorong agar semua RS bekerjasama dengan kita,” pungkas Deden. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!