Kemenko Polhukam Apresiasi, Indeks Demokrasi Indonesia di Jatim Meningkat

Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri, Mayjen TNI Wawan Kustiawan, SH (kiri) saat menyerahkan cinderamata kepada salah satu pemrasaran dalam Indeks Demokrasi Indonesia yang Berlangsung di Hotel Tunjungan Surabaya (Kamis Kliwon, 8/8/2019).foto IMO-Indonesia DPW Jatim

 

PUTRAINDONEWS.COM

SURABAYA | Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Polhukam Negeri, Mayjen TNI Wawan Kustiawan, SH menyampaikan arahannya mengenai Indeks Demokrasi Indonesia (ID) yang meningkat. “Capaian IDI 2018 Provinsi Jawa Timur sendiri sebesar 72.86. Angka ini masih di atas IDI Nasional, dan mengalami trend positif dibanding tahun sebelumnya 70.92. Ujar Wawan yang dikutip oleh media IMO-Indonesia Provinsi Jawa timur yang turut ambil bagian dalam liputan giat tersebut.

Bertempat di Hotel Tunjungan Surabaya, dalam Acara Forum Komunikasi dan Koordinasi Indeks Demokrasi Indonesia Kemenko Polhukam, Kamis (8/8/2019), Deputi 1 Kemenko Polhukam ini menyampaikan bahwa Menko Polhukam mengharapkan ke depan kita menuju demokrasi yang bermartabat, berkeadilan, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, yang dapat menerapkan nilai-nilai dan prinsip demokrasi. Yaitu adanya Pemilu yang Jurdil, kesamaan di depan hukum, penghormatan terhadap hukum dan HAM, peradilan yang independen, serta kebebasan berkumpul dan berpendapat.

BACA JUGA :   Di Pimpin Langsung Dandim, Kodim 1416/Muna Gelar Acara Tradisi Pelepasan Purnawirawan Prajurit dan PNS

Sejak Tahun 2009 Pemerintah telah mengembangkan instrumen untuk mengukur tingkat perkembangan demokrasi yakni Indeks Demokrasi Indonesia (IDI), dimana Kemenko Polhukam sebagai leading sector bekerjasama dengan BPS, Bappenas, dan Kemendagri. IDI sebagai sebuah alat ukur perkembangan demokrasi yang khas Indonesia memang dirancang untuk sensitif terhadap naik-turunnya kondisi demokrasi lanjutnya.

“Kita bersyukur bahwa saat ini Indonesia telah menjadi negara demokratis. bahkan dikenal sebagal negara demokrasi terbesar ketiga di dunia setelah India dan Amerika Serikat. Majalah Forbes edisi Mei 2019 juga mengapresiasi Indonesia dengan julukan The New Tiger of South East Asia yang pertumbuhan ekonomi dan kualitas demokrasinya diakui oleh dunia internasional.” Ujarnya.

BACA JUGA :   RAPBD-P 2021 Tangsel Di Masa Pandemi, Anggaran Bansos Dipangkas Infastruktur Meningkat ?

Dalam acara yang bertemakan Peningkatan Kapasitas Demokrasi di Provinsi Jawa Timur ini, Asisten Deputi Bidang Demokrasi dan Ormas,Brigjen Pol Drs.Budi Susanto menyampaikan. “Hasil riset terkait persepsi masyarakat Indonesia terhadap demokrasi, dimana survei Saiful Munjani Research Center (SMRC) yang dirilis bulan Juni 2019 lalu mencatat bahwa 86% masyarakat menilai demokrasi sebagai sistem yang paling cocok bagi Indonesia dan 66% responden menyatakan puas dengan kualitas demokrasi di Indonesia saat ini, Hal ini berarti kita telah berjalan on the right track.”

Masjhur – IMO Jatim

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!