Coffee Trip Cara KADIN & ASATI Mempopulerkan Kopi Indonesia

PUTRAINDONEWS.COM

KENDAL – JATENG | Cara lain Kadin Indonesia, Dewan Kopi Indonesia dan Asati memaknai hari kemerdekaan dengan bersepakat untuk mempopulerkan kopi Indonesia melalui Coffee and Tourism dengan program Coffee Trip.

Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar dunia, sudah selayaknya mempunyai kiat lain untuk diperkenalkan keseluruh dunia agar memberikan keuntungan dan manfaat bagi petani dan masyarakat sekitar perkebunan kopi itu sendiri dalam bentuk Coffee trip.

“Sesungguhnya kebun kopi itu adalah agrowisata, eduwisata bahkan menjadi wisata budaya karena keunikan dan kebiasaan yang menjadi budaya masyarakat setiap daerah dalam penyajian sampai penyeruputan kopi.” Ungkap ketua umum Assosiasi Sales Travel Indonesia (ASATI), M. Syukri Machmud yang sempat kami wawancarai oleh media dari IMO-Indonesia sabtu, 17/08/2019 dilokasi panen raya lereng gunung Prau dusun Jambean, desa Purwosari, kecamatan Sukorejo kabupaten Kendal provinsi Jawa tengah.

BACA JUGA :   Berawal Beas Perelek, Nilai Sosial dan Kemanusiaan Serta Guyub Terbangun di RW 08 Kebon Gedang Bandung

“Coffee trip akan menjadi lebih menarik jika dikombinasikan dengan petualangan sesuai dengan kondisi alam yang dimiliki seperti, trekking, hiking, biking, downhill, offroad, arung jeram, paralayang bahkan balon udara.” Tuntas Syukri.

“Panorama alam dan sejuknya udara pegunungan serta keramahan masyarakat petani kopi menjadi kesan tersendiri bagi wisatawan.” Tutur ketua dewan kopi Indonesia, Anton Apriantono.

Sebagai leading sector perekonomian Indonesia, Pariwisata menjadikan locomotive untuk memperkenalkan kopi kepada wisatawan domestic maupun mancanegara dengan membangun dan memprkenalkan desa wisata yang berada di sekitar perkebunan kopi Robusta atau Arabika didataran tinggi.

BACA JUGA :   REBOUND Pariwisata Banyuwangi

Paket wisata tematik perkopian kepada pemuda, pelajar dan mahasiswa (Milenial) domestic dan mancanegara yang berminat mempelajarinya. Tambah Tazbir Abdullah, mantan Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata.

Menurut Racha, perwakilan Kadin dibidang exportir kopi Indonesia, coffee trip adalah sangat cocok karena kebanyakan buyer yang datang dari mancanegara selain melihat langsung perkebunan dan dialog dengan petani juga mereka sangat menikmati suasana alam sekitar serta keingin tahuan kehidupan sosial dan budaya masyarakat serta kuliner setempat.

@yfi

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!