Kwarcab Denpasar Ajak Pramuka Menjadi Patriot Lingkungan

PUTRAINDONEWS.COM

BALI | Kwartir Cabang (Kwarcab) Denpasar tutup tahun dengan tanam pohon keras di sekitar Bumi Perkemahan (Buper) Segara Mantra Secout Camp, Desa Serangan, Selasa (17/12). Penanaman dilakukan oleh anggota pramuka penegak dan pandega dari seluruh SMA/SMK di Denpasar dalam rangkaian kegiatan program pramuka Peduli serta pramuka Denpasar adalah Patriot Lingkungan.

Ketua Kwartir Cabang Denpasar Dr. I Gusti Lanang Jelantik, M.Si mengatakan kegiatan penanaman pohon ini diselenggarakan Kwartir Cabang Denpasar (Kwarcab) yang merupakan program tahunan Kwarcab. Lingkungan hidup menjadi persoalan penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat. Sebab, hal ini menyangkut keberlangsung hidup manusia yang menginginkan adanya lingkungan yang bersih, aman dan tenteram.

BACA JUGA :   Pangdam XII/Tpr Terima Kunjungan Pengurus Pusat PPAD

”Setiap manusia yang hidup di dunia ini memerlukan lingkungan yang bersih dan sehat agar dapat memberikan kenyamanan hidup. Karena itu manusia wajib peduli terhadap lingkungannya, yaitu dengan cara menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan hidup yang baik,” ujar Lanang Jelantik.

Kwarcab Denpasar mengajak Adik-adik untuk meimplimentasikan Dasa Darma Ke 2 yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia serta Implementasi Ajaran Tri Hita Karana terhadap Keseimbangan Alam. Alam merupakan tempat dimana kita berdiri dan menghirup udara, tempat dimana kita tinggal dan bergerak secara leluasa, bisa kita bayangkan bagaiamana ketika alam tak lagi bersahabat, menampakkan kemurkaanya, tentu seperti halnya bencana-bencana yang kita rasakan saat ini. Oleh sebab itu kita harus menumbuhkan kesadaran diri betapa pentingnya menjaga kelestarian alam. Kata Lanang Jelantik yang juga Dosen UNHI.

BACA JUGA :   Evaluasi Werving, Korem 143/HO Gelar Vicon Bersama Jajaran

Selain tanam pohon kami juga melaksanakan bersih pantai “Semoga kegiatan bersih pesisir pantai serangan ini adalah hal awal untuk mengajak masyarakat dan adik-adik lebih peduli kepada kebersihan sekitar

Kami pramuka Denpasar akan terus melakukan, hal positif seperti ini dilakukan secara berjenjang tidak hanya satu kali saja, sehingga kami mengajak masyarakat sekitar untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan. Ucapnya.

PMT

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!