Warga Karya Mukti Sulap Rawa jadi Objek Wisata Tirta Maja

PUTRAINDONEWS.COM

BATURAJA – SUMSEL | Objek wisata Tirta Maja seluas lebih kurang 2 hektar tersebut terletak di Dusun I Desa Karya Mukti Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) hasil karya swadaya masyarakat .

“Alhamdulillah objek wisata ini sudah di resmikan untuk umum oleh pak Camat Sinar Peninjauan kemarin (Minggu 22/12 red),”kata Ade Nurjaman selaku ketua pengelola Tirta Maja pada Senin (23/12).

Hadirnya Tirta Maja ini kata Ade Nurjaman, merupakan buah karya masyarakat yang di bangun secara bergong royong selama 7 bulan.

“Sebelumnya danau ini sudah jadi lahan gambut yang dipenuhi rumput air, berkat kerja keras dan kemauan masyarakat secara bertahap, lokasi ini bisa jadi tempat rekreasi,”ungkap Ade.

Dari hasil pengelolaan objek wisata ini jelas Ade,nantinya untuk kesejahteraan masyarakat dibidang keaehatan dan pangan.

“Hasil pengelolaan objek wisata ini untuk membantu masyarakat ekonomi lemah untuk membayar BPJS kesehatan dan mengatasi pangan,”terang Ade.

Dengan demikian  lanjut Ade, nantinya baik pengelola mauoun masyarakat desa akan menikmati manfaat dari hasil pengelolaan objek wisata Tirta Maja

BACA JUGA :   KOMISI I DPRD JABAR Apresiasi Simulasi KPU Indramayu

Disamping itu, Objek Wisata Tirta Maja selain memanjakan oara pengunjung dengan berbagai permainan air, juga dapat menikmati jajanan kuliner khas tradisional.

“Tirta Maja saat ini sudah dilengkapi kapal rakit, perahu, bebek – bebekan, perahu kincir, perahu kano, dan didukung oleh kelompok kuliner tradisional,”jelas Ade.

“Sedangkan pedagang kuliner semuanya dikelola oleh kelompok usaha jajanan tradisional, dari beberapa daerah temasuk jajanan khas Sumatera Selatan sendiri,”sambungnya.

Pihaknya berharap, kepada pihak tetkait dapat memberikan bimbingan terkait penglolaan dan pengembangan prmbangunan Tirta Maja.

“Kami sangat mengharapkan bimbingan serta bantuan dari Dinas Pariwisata Kabupaten, dalam hal penataan serta pengelolaan objek wisata ini,”harapnya.

Kepala Desa Karya Mukti H Sugito mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada masyarakat khususnya warga Dusun 1, yang telah berupaya membangun dan menata danau tersebut sehingga bisa dijadikan objek wisata.

“Atas nama pribadi dan pemerintah desa kami memberikan apresiasi atas kerja keras warga Dusun 1 :Karya Mukti dan menjadi Icon abdalan desa,”kata Sugito.

BACA JUGA :   Ikuti Program Telemedicine, Kemenkumham Jateng Turut Berperan Kendalikan Laju Penyebaran Covid-19

Dengan adanya objek wisata ini, lanjut Sugito, Desa Karya Mukti akan dikenal masyarakat luas terutama diwilayah Batumarta,”dan juga akan menambah PAD dan meningkatkan perekonomian masyarakat,”ujar Kades.

Sementara itu inisiator sekaligus pendamping pengelola Objek Wisata Tirta Maja Suranto menambahkan, ovjek wisata ini dikelola oleh masyarakat sekitar dengan memberdayakan Karang Taruna dan Ibu – Ibu PKK dan didukung oleh kelompok jajanan kuliner tradisional.

“Pedangan di lokasi objek wisata sudah melalui seleksi, dengan melibatkan pihak ke 3, yang diuji dan kawal sesuai dengan standar gizi dan estetika,”ungkap Suranto.

Sedangkan sajian jajanan juga harus memiliki khas tradisional, higienis dan di tata di sepanjang pinggiran danau untuk mempermudah para pengunjung.

“Pedagang kuliner kita tata di sepanjang pinggiran danau, juga dilengkapi 5 dermaga untuk masyarakat menikmati transportasi air,”pungkasnya.

Abi – Sumsel

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!