KALEIDOSKOP 2019: 6 Film Hollywood Terlaris

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Industri film dunia diwarnai sejumlah fakta menarik. Kaleidoskop 2019 layar lebar luar negeri diwarnai pecahnya rekor film berpendapatan tertinggi sepanjang masa.

Avengers: Endgame menggulingkan Avatar karya James Cameron dari puncak film terlaris sepanjang masa. Catatan menarik lainnya, ada 8 film yang berhasil menembus pendapatan kotor 1 miliar dolar AS.

Hingga artikel ini disusun, 6 dari 8 film anggota klub 1 miliar dolar AS adalah produk rilisan Disney. Mengakhiri 2019, Showbiz mengajak Anda menoleh ke belakang dan menilik 6 film Hollywood terlaris sepanjang tahun ini. Apakah semua film ini sudah Anda tonton?

1. Avengers: Endgame (Rp 39,1 Triliun)
Avengers: Endgame. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
Avengers: Endgame. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Avengers: Invinity War berakhir dengan lenyapnya sejumlah pahlawan super seperti Spider-man dan Black Panther akibat ulah Thanos. Titik cerah datang saat Ant-Man hadir dan menyuguhkan solusi kembali ke masa lalu. Harapan yang dibawa Ant-Man membesarkan hati penonton.

Rasa penasaran yang mengendap di benak publik sejak 2018 terjawab dan berakhir indah, seindah pendapatan Avengers: Endgame yakni 2,7 miliar dolar AS (39,1 triliun rupiah). Ini memperbaiki pendapatan pendahulunya yang “hanya” 2,04 miliar dolar AS (28,67 triliun rupiah).

2. The Lion King (Rp 23,1 Triliun)
The Lion King. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
The Lion King. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Salah satu remake yang mendapat ulasan beragam tahun ini. Seorang kritikus menyebut The Lion King 2019 kurang asyik, jauh dari unsur seni, dan kurang bernyawa. Ini transformasi (dari animasi klasik) Disney termahal dan bertabur bintang seperti film Disney lainnya.” Caci maki kritikus tak menyurutkan niat penonton ke bioskop.

BACA JUGA :   Eksis Tarik Suara di Bali, Andira Putri Mendapat Kesempatan Ketika Tengah Berlibur

Buktinya, The Lion King membukukan pendapatan kotor 1,65 miliar dolar AS. Guinness World Record menobatkan karya Jon Favreau ini sebagai film ulang buat dengan pendapatan tertinggi sejagat.

3. Frozen 2 (Rp 16,98 Triliun)
Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Frozen (2013) contoh ideal animasi yang mengawinkan kualitas dan unsur komersial. Meraih pendapatan 1,27 miliar dolar AS (17,86 triliun rupiah), Frozen merebut 2 Piala Oscar untuk Film Animasi Terbaik dan Lagu Tema Terbaik.

Frozen 2 berpeluang mengulang sejarah. Hingga artikel ini disusun, Frozen 2 bertengger di posisi ke-4 di tangga box office AS dengan total pendapatan 1,21 miliar dolar AS (16,98 triliun rupiah). “Into the Unknown” digadang-gadang menjadi nomine Lagu Tema Terbaik Oscar 2020.

4. Spider-Man: Far From Home (Rp 15,84 Triliun)
Spider-man: Far From Home. (Foto: Dok. IMDb/ Sony)
Spider-man: Far From Home. (Foto: Dok. IMDb/ Sony)

Akhirnya ada produk nonDisney yang tembus semiliar dolar AS. Karya sineas Jon Watt ini mengadu Spider-Man (Tom Holland) dengan Mysterio (Jake Gyllenhaal). Di AS dan Kanada, Spider-Man: Far From Home mengeruk 390 juta dolar AS. Dari negara lain, film ini mengumpulkan 741 juta dolar AS.

BACA JUGA :   Kasusnya Naik Ke Penyidikan, Baim Wong Ajukan Mediasi Dengan Pelapor Terkait Prank KDRT

Usai mencetak 1 miliar dolar, dunia sempat dibuat geger dengan kabar keluarnya Spider-Man dari Marvel Cinematic Universe. Konon, ada silang pendapat soal pembagian keuntungan antara Sony dan Disney.

5. Captain Marvel (Rp 15,79 Triliun)
Captain Marvel. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
Captain Marvel. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Kuda hitam dari Marvel Cinematic Universe ini telah lama diprediksi mampu masuk klub semiliar dolar AS. Isyarat kehadiran Carol Danvers tampak di pengujung Avengers: Invinity War. Publik penasaran, apa kiprah Captain Marvel dalam perang melawan Thanos?

Sebelum berlaga bersama jagoan Marvel lainnya, Captain Marvel diperkenalkan kepada dunia pada Februari 2018. Dibiayai 150 juta dolar AS lebih, film ini panen uang hingga 1,128 miliar dolar AS (sekitar 15,79 trilun rupiah).

6. Toy Story 4 (Rp 15,02 Triliun)

Toy Story 4. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
Toy Story 4. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Absen sewindu dari layar lebar membuat penggemar kegirangan saat teaser Toy Story 4 diluncurkan di kanal YouTube pada November 2018. Gempita film ini menguat setelah Pixar merilis trailer resmi, Maret 2019.

Walhasil, Toy Story 4 meledak di bioskop. Dengan biaya produksi fantastis (200 juta dolar AS atau 2,8 triliun rupiah), Toy Story 4 pulang dengan duit 1,073 miliar dolar AS (15,02 triliun). Film ini dibayangi Jokeryang menempati urutan ketujuh dengan uang sebanyak 1,063 miliar dolar AS (14,88 triliun rupiah).

Sumber ; liputan6.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!