TEBING LONGSONG, Seorang Warga di Kabupaten Bandung Menjadi Korban

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Seorang warga dilaporkan meninggal dunia setelah tertimbun longsoran tebing sawah setinggi 30 meter di Desa Neglasari, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Minggu (11/4).

Fenomena tanah longsor yang kemudian mengakibatkan satu warga menjadi korban itu terjadi setelah hujan mengguyur wilayah tersebut dan kondisi tanah labil.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung telah melakukan assessment dan berkoordinasi dengan aparat setempat.

BACA JUGA :   Regenerasi Kader, PAC GP Ansor Parungpanjang Selenggarakan PKD Angkatan Pertama

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Gefisika (BMKG) mengeluarkan informasi prakiraan cuaca yang menyebutkan bahwa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Jawa Barat hingga dua hari ke depan.

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan ‘waspada’ cuaca ekstrem bagi sejumlah wilayah meliputi Aceh, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

BACA JUGA :   Sempat Viral Pemberitaan Perubahan Sungai Kediuk, PT CMI Sampaikan Pernyataan Klarifikasi Kepada Media

Menyusul adanya informasi prakiraan cuaca dari BMKG tersebut, maka masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut.

Dalam hal ini, seluruh pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat juga diharapkan dapat mempersiapkan segala hal yang dianggap perlu untuk mengantisipasi adanya dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan dan pohon tumbang. Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!