Lewat Program KaTa Kreatif, Menparekraf Dorong Pengembangan Potensi Ekraf Lebak Banten

PUTRAINDONEWS.COM

Lebak – Banten | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pengembangan potensi pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Lebak, Banten, lewat program Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif).

Dalam workshop KaTa Kreatif di Rahaya Resto and Resort, Lebak, Banten, Jumat (20/8/2021), Sandiaga mengatakan program ini dilaksanakan di 36 kabupaten dan kota di Indonesia. Dua di antaranya dilaksanakan di Banten, yaitu Lebak dan Pandeglang.

“Pelatihan ini diikuti dengan pendampingan. Workshop ini akan dilanjutkan dengan pendampingan mengenai akses pemasaran, kemudahan perizinan, pelaporan keuangan, dan akses pembiayaan,” kata Sandiaga.

Ia menyampaikan, program ini menyasar para pelaku UMKM yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Diketahui, dari 60 juta pelaku UMKM di Indonesia, 70 persen di antaranya atau sekitar 42 juta pelaku UMKM bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

BACA JUGA :   MENDAG ; Potensi Garam di NTT Mampu Turunkan Impor Garam Secara Signifikan

“Ini merupakan suatu bentuk pendekatan 360 derajat, di mana kita memberikan suatu ekosistem atau jejaring agar UMKM kreatif ini bisa bangkit dan berkembang, itu yang menjadi sasaran kita,” katanya.

Tidak hanya itu, Sandiaga menyebutkan program ini juga bertujuan untuk menunjang pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Lebak. Selain memiliki potensi wisata seperti Pantai Sawarna dan pemandangan “Negeri di Atas Awan” di Desa Citorek Kidul, Lebak, juga dikenal karena produk fesyennya yaitu pakaian adat Baduy dan Batik Lebak.

“Baju ini sangat nyaman dipakai. Jadi ini layak dijadikan sebagai suvenir yang bisa diberikan kepada wisatawan dan juga bisa ditawarkan melalui platform e-commerce,” ujar Sandiaga yang pada kesempatan yang sama juga mengenakan pakaian adat Baduy.

BACA JUGA :   Produk Halal Indonesia, Sinergi & Kolaborasi Platform Digital Dorong Peningkatan Ekspor

Hal ini diamini oleh Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi yang menyatakan pihaknya akan mendorong potensi-potensi wisata dan ekonomi kreatif di Lebak untuk menjadi ikon pariwisata daerah itu.

“Kami akan mendorong potensi-potensi ini untuk menjadi ikon pariwisata Lebak. Tentunya kami butuh dukungan dari Pak Menteri dan nanti konkretnya akan kami usulkan ke Pak Menteri,” ujar Ade.

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; anggota Komisi XI DPR RI, Ali Zamroni; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin; serta sejumlah perwakilan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Lebak. Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!