Menkeu Memulai Rangkaian Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia di Washington DC

***

Putraindonews.com – Jakarta |  Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati diagendakan akan memimpin Delegasi RI dalam rangkaian Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia Tahun 2022 (IMF-WBG Spring Meetings) yang berlangsung pada tanggal 18 hingga 23 April 2022 di Washington D.C., Amerika Serikat.

Menkeu memulai pertemuan bilateral dihari pertamanya dengan Managing Director of Development Policy and Partnerships, Bank Dunia, Menteri Keuangan Afrika Selatan dan Menteri Keuangan India. Pada pertemuan dengan Managing Director (MD) Bank Dunia, Mari Elka Pangestu, Menkeu membahas mengenai dukungan Bank Dunia untuk agenda transisi energi di Indonesia dan dukungan Bank Dunia untuk Presidensi G20 Indonesia.

Selain itu, membahas pula terkait transisi energi yang dimana pada saat ini Pemerintah Indonesia sedang melakukan Energy Transition Mechanism (ETM) untuk mengurangi emisi CO2 melalui penghentian bertahap pembangkit listrik tenaga batu bara, dan secara bersamaan, mengembangkan energi alternatif terbarukan.

BACA JUGA :   Dengan e-Katalog Sektoral, Pengadaan Barang dan Jasa di Kementerian PUPR Kini Menjadi Lebih Mudah

Dikesempatan lainnya, Menkeu juga bertemu dengan Menteri Keuangan Afrika Selatan, Mr. Enoch Godongwana, dan Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman. Dalam pertemuan tersebut dibahas agenda G20 yang akan dibicarakan dalam pertemuan kedua Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (2nd FMCBG) di tengah rangkaian pertemuan Spring Meeting di Washington D.C.

Menteri Godongwana menyampaikan dukungannya kepada Presidensi Indonesia di G20 dan berharap Indonesia berhasil dalam memimpin diskusi dan mencapai target deliverables yang telah ditetapkan, meski dalam situasi yang sulit seperti saat ini. Tidak lupa Menkeu menyampaikan harapannya kepada Menteri Keuangan Godongwana untuk datang secara fisik dalam pertemuan ketiga FMCBG berikutnya pada bulan Juli 2022 di Bali, Indonesia.

BACA JUGA :   STRAT 17 AGUSTUS 2020, Empat Bank Milik Negara Fasilitasi UMKM Membuat NPWP

Sementara itu, dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman menyampaikan posisinya dalam memahami tantangan yang dihadapi Indonesia sebagai Presidensi G20 untuk menavigasi berbagai dinamika dalam forum G20 yang sulit saat ini.

Namun, Menteri Keuangan Nirmala menyampaikan kepercayaan dan keyakinan bahwa Indonesia akan mampu mengelola tantangan tersebut dan berhasil mencapai target deliverables yang telah ditetapkan. Sebagai bagian dari Troika, India mendukung sepenuhnya Presidensi G20 Indonesia serta berharap kerjasama yang erat untuk melanjutkan agenda Presidensi G20 pada masa Presidensi G20 India tahun 2023. Red/Ben

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!