Kenang Hubungan Historis, Puan Maharani ; Presiden Soekarno Menyukai Beberapa Kota di Kamboja

***

Putraindonews.com – Jakarta | Hubungan antara Indonesia dan negara tetangga, Kamboja kembali dikenang ketua DPR RI, Puan Maharani saat dirinya berkunjung ke negara berjuluk Land of the Khmer itu. Puan mengatakan, Bung Karno ketika itu sempat memuji beberapa kota di negara tersebut.

“Presiden Soekarno menyukai beberapa kota di Kamboja, seperti Phnom Penh, Sinahoukville, dan Angkor. Kamboja seperti rumah kedua bagi Presiden Soekarno saat itu,” tutur Puan.

Puan lalu menyatakan Kamboja merupakan negara yang dekat dengan Indonesia dan keluarganya.

BACA JUGA :   India Terus Kepincut Jalin Kerja Sama dengan ASEAN

“Saya merasa sangat terhormat untuk dapat bertemu dengan Yang Mulia, Raja Norodom Sihamoni, yang merupakan simbol persatuan nasional, perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran bagi rakyat Kamboja,” ungkapnya.

Menurutnya, Bung Karno dan Raja Sihanouk saling berkunjung. Masing-masing sebanyak 5 kali dari tahun 1959 -1965.

Bung Karno disebutnya merupakan kepala negara atau pemerintahan yang paling sering datang ke Phnom Penh.

“Presiden pertama Indonesia, Bapak Soekarno dan Yang Mulia Raja Norodom Sihanouk merupakan sahabat dan bahkan sudah seperti keluarga, dan mereka bertemu secara rutin,” tandasnya.

BACA JUGA :   Sandiaga Temui Pemerintah Singapura, Bahas Kolaborasi Konser Musisi Kelas Dunia

Diketahui, dalam lawatan ke Kamboja beberapa hari terakhir, Puan Maharani diterima langsung oleh Raja Norodom Sihamoni saat berkunjung.

Puan mengatakan, dalam kunjungan tersebut, ia juga mengenang hubungan baik antara sang kakek dengan ayah Raja Norodom Sihamoni, Raja Norodom Sihanouk.

Puan terakhir bertemu dengan Raja Norodom Sihamoni pada Joint Cultural Performance di Phnom Penh dalam rangka 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia–Kamboja, Februari 2019. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!