Kirim 300 Tank, Barat Habis Habisan Bela Ukraina ‘Perang Masih Panjang’

***

Putraindonews.com – Jakarta | Perang antara Rusia dan Ukraina sampai detik ini masih belum berakhir. Negara-negara barat pun terus memberi dukungan kepada Ukraina melalui bantuan alat tempur.

Diketahui, negara-negara Barat rencana akan mengirimkan lebih dari 300 tank ke Ukraina. Klaim ini dilontarkan Duta Besar Ukraina untuk Prancis, Vadym Omelchenko.

“Sampai hari ini, banyak negara telah secara resmi mengonfirmasi kesepakatan mereka untuk mengirimkan 321 tank berat ke Ukraina,” kata Omelchenko kepada stasiun TV Prancis dan televisi BFM yang berafiliasi dengan CNN.

BACA JUGA :   TikTok Mulai Ikut Jejak Youtube

Namun dia tidak merinci negara mana yang akan menyediakan tank bagi Ukraina atau memberikan rincian model kendaraan lapis baja seperti dilansir dari CNN, Sabtu (28/1).

Angka dari Omelchenko muncul setelah Amerika Serikat (AS) minggu ini berjanji untuk menyediakan 31 tank M1 Abrams dan Jerman setuju untuk mengirim 14 tank Leopard 2 A6.

Sebelumnya Inggris telah menjanjikan 14 tank Challenger 2, sementara Polandia telah meminta persetujuan dari Jerman untuk mentransfer beberapa Leopard 2 buatan Berlin ke Ukraina. Kapan tank-tank itu akan tiba di Ukraina masih belum jelas.

BACA JUGA :   Dolar Tercatat Melemah Pada 28 Agustus 

Omelchenko mengatakan tanggal pengiriman akan bervariasi tergantung pada jenis tank dan negara asal, serta waktunya akan disesuaikan selama putaran konsultasi berikutnya antara Ukraina dan negara-negara Barat.

Namun, menegaskan kata-kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang sebelumnya mendesak Barat untuk memberikan apa yang oleh beberapa ahli dilihat sebagai perangkat keras militer yang mengubah jalannya perang, Omelchenko mengatakan Ukraina membutuhkan bantuan “secepat mungkin”.

“Kalau harus menunggu sampai bulan Agustus atau September, sudah terlambat,” ujarnya. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!