Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Presiden Jokowi ; Semuanya Sehat ‘Ingin Rumahnya Segera Dibangun’

***

Putraindonews.com – Cianjur | Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi korban terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ia menyebut para korban bencana alam tersebut semuanya dalam keadaan sehat, hanya saja mereka menginginkan agar rumahnya segera dibangun.

“Ya, pengungsi tadi semuanya kami lihat sehat, tetapi yang paling banyak memang ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai,” ujar Jokowi seusai meninjau Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Senin (5/12).

Jokowi berharap melalui program pemberian bantuan bagi rumah-ruma warga yang rusak akibat gempa dapat segera dilakukan pembangunannya.

BACA JUGA :   Karya Bakti Pembersihan Pasar Lahimbua Yang Terbengkalai Di Wilayah Kodim 1430/Konu

“Saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama, yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya,”

Jokowi melanjutkan, untuk pemilihan kawasan relokasi rumah warga korban gempa, sudah melalui kajian dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta lembaga terkait lainnya.

Adapun, kata dia, untuk bantuan bagi rumah warga terdampak yang bukan relokasi akan diberikan mulai Kamis, 8 Desember 2022 setelah selesai proses verifikasi. Bantuan yang diberikan yaitu Rp50 juta untuk rumah rusak berat, Rp25 juta untuk rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rusak ringan.

BACA JUGA :   Apkasi Ajak Daerah Libatkan Kejaksaan Dampingi Realokasi APBD untuk COVID-19

Pemberian bantuan akan dilakukan secara langsung kepada warga dan ada pula yang melalui tabungan. Menurut Jokowi, setidaknya ada 56 ribu rumah warga yang terdampak gempa.

“Totalnya 56 ribu, bukan jumlah yang sedikit. Kami ingin secepat-cepatnya, tapi tidak dibatasi oleh waktu, dan secepat-cepatnya dimulai, secepat-cepatnya selesai, karena masyarakat sudah kehujanan, kedinginan di tenda-tenda,” tandasnya. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!