Segera Gantikan Jenderal Andhika, KSAL Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI

***

Putraindonews.com – Jakarta | Sosok pengganti panglima TNI Andika Perkasa kini mulai terang setelah Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan nama calon panglima TNI pengganti.

Berlokasi di Gedung DPR RI, Senayan, Senin (28/11), Puan di hadapan awak media mengatakan bahwa sosok yang akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa itu tak lain adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

“Saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut, yang menjabat KSAL saat ini,” ucap Puan.

BACA JUGA :   Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia Berpotensi Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Meter

Dalam keterangannya, Puan menyebut Yudo diterima oleh DPR untuk mengikuti mekanisme pemilihan panglima TNI yang berlaku.T

idak hanya itu, sosok Laksamana Yudo Margono juga dinyatakan sebagai calon tunggal Panglima TNI. Hal tersebut berdasarkan isi Surat Presiden (Surpres) tentang calon Panglima TNI yang diserahkan langsung Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

“Kami pimpinan DPR akan menindaklanjuti terkait dengan mekanisme yang ada di DPR untuk menugaskan Komisi terkait atau Komisi I untuk melaksanakan mekanisme terkait dengan pergantian atau pengangkatan Panglima TNI yang baru,” jelas Puan.

BACA JUGA :   Kemendagri Apresiasi Pemkab Natuna Cabut Edaran yang Liburkan Pelajar Selama Masa Karantina WNI dari Wuhan

Di samping itu, Puan Juga mengatakan bahwa DPR punya waktu yang cukup untuk melaksanakan semua mekanisme sesuai Undang-Undang mengenai pengangkatan dan pergantian Panglima TNI, dan memastikan tidak akan ada mekanisme yang terlewat.

“Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada tanggal 21 Desember dan memasuki tmasa pensiun sebagai TNI yakni 1 Januari 2023, artinya DPR mempunyai waktu yang cukup untuk kemudian melaksanakan semua mekanisme,” pungkasnya. Red/ HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!