Menparekraf Sandiaga Uno Optimis Pelaku UMKM Bisa Go Global, Ini Syaratnya !

***

Putraindonews.com – Jakarta | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku optimistis bahwa pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa bersaing di kancah global.

Kendati begitu, ia menyebut untuk mampu tembus ke pasar global, para pelaku UMKM harus memenuhi prasyarat yakni dengan menerapkan digitalisasi.

“Pelaku ekonomi kreatif dapat memberikan dampak yang luas terhadap kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja baru,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (24/2).

BACA JUGA :   PUPR Bangun 500 Sarana Hunian Pariwisata di NTB

Sandiaga menyampaikan hal itu saat meninjau pelatihan dan kolaborasi dengan para penggerak UMKM ekonomi kreatif di Bali.

Dia pun optimistis sektor UMKM dan ekonomi kreatif dapat membuka lapangan pekerjaan dan menggandeng lebih banyak pelaku usaha.

“Saya sangat yakin bisa dilakukan untuk bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja 4,4 juta di tahun 2024,” harapnya.

Sandiaga menjelaskan melalui pelatihan digital, maka itu bisa menjadi solusi bagi pelaku UMKM, khususnya di Bali, dalam menunjang pemasaran produk-produk asli dari daerah untuk Indonesia maju.

BACA JUGA :   Siapkan Strategi Promosi Pelaku Wisata Selam Usai Pandemi

Dia pun berpesan agar seluruh sumber daya manusia (SDM) terkait meningkatkan kemampuan mereka dan beradaptasi secara cepat.

“Paling penting mereka bisa mengikuti pelatihan digital dan juga pendampingan ilmu pengetahuan mengenai bonus demografi. Oleh karena itu, tenaga kerja kita memiliki kemampuan yang terus diasah, seperti up-skilling, re-skilling, dan new-skilling,” tandasnya. Red/HS

***

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!