Siapkan Blueprint Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di IKN, Begini Harapan Menparekraf

***

Putraindonews.com – Jakarta | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang mempersiapkan blueprint (cetak biru) pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di calon Ibu Kota Negara (IKN).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, IKN yang berada di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur memiliki daya tarik wisata alam, budaya dan buatan manusia berbasis pada culture and nature.

Hal itu menjadi prioritas dalam mendukung terwujudnya ibukota hijau, yang membuka peluang pembangunan pariwisata berkualitas untuk dihadirkan di Ibu Kota baru tersebut.

BACA JUGA :   Gandeng DPP ASATI, Disbudpar dan Gekrafs Akan Hadirkan Paket Wisata Kreatif di Kota Bandung

“Penyiapan blueprint sebagai kerangka awal yang segera ditindaklanjuti pembuatan rencana induk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan,” kata Sandiaga dilansir dari Antara, Selasa (7/2).

Ia melanjutkan bahwa proses pemetaan dilakukan di setiap kecamatan dari kabupaten di Kalimantan Timur, berdasarkan atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Sebelumnya, diberitakan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengatakan Presiden Joko Widodo bakal mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur pada 2024.

BACA JUGA :   Indonesia Promosikan Lima Destinasi Super Prioritas di Turki

Kemudian merujuk pasal 39 ayat (1) Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN), status ibu kota negara masih dipegang DKI Jakarta hingga Presiden mengeluarkan Keppres pemindahan secara resmi.

Sementara menanti Keppres Perpindahan IKN dikeluarkan serta diberlakukan, Wakil Menteri Perhubungan pada tahun 2009—2014 ini mengatakan, pihaknya terus menyiapkan IKN agar bisa layak huni pada 2024.

Adapun tugas Badan Otorita IKN mencakup persiapan, pembangunan, pemindahan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus Ibu Kota Nusantara. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!