Plt Gubernur Yuswandi Ajak Aktualisasi Kembali Nilai Perjuangan Pembentukan Provinsi‎

img-20161121-wa0023

Putraindonews.com, Pangkalpinang – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Dr Yuswandi A Temenggung mengajak seluruh komponen daerah untuk mengaktualisasi kembali nilai luhur dan semangat perjuangan pembentukan provinsi dalam meningkatkan pembangunan di masa depan.

Peringatan hari jadi bukan hanya sekedar momentum menyegarkan kembali ingatan tentang sejarah panjang perjuangan pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

“Peringatan ini harus juga dimaknai sebagai rasa syukur, terima kasih, hormat dan penghargaan kepada para tokoh yang memperjuangkan terbentuknya provinsi ini,” pinta Yuswandi pada Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi ke-16 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Gedung DPRD Provinsi Babel, di Pangkalpinang, Senin (21/11/2016).

Keberhasilan pembangunan, sebut Yuswandi, tidak lepas dari jasa dan dedikasi para tokoh perjuangan pembentukan provinsi. Sebab itu, berulangkali Plt Gubernur Babel menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para tokoh tersebut, terutama Presidium Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dikatakan Yuswandi, Babel telah mengalami banyak capaian positif dan makin membaik. Beberapa indikator antara lain terlihat dalam gambaran ekonomi makro, dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 69,05 di tahun 2015. Padahal lima tahun sebelumnya berada pada angka 66,02.

Seiring itu, diikuti pula dengan penurunan angka kesenjangan pendapatan dalam Rasio Gini (RG) sebesar 0,26 di tahun 2015. Kondisi ini lebih baik dari RG nasional yang masih di angka 0,40.

Yuswandi memaparkan sejumlah capaian lainnya yang berhasil dilaksanakan Pemprov Babel.

Yuswandi juga mengajak peran aktif bupati dan walikota serta masyarakat untuk terus bersinergi mendorong akselerasi pembangunan. Sekaligus menjadikan rencana jangka menengah dan jangka panjang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai pedoman dan acuan kerja, bahwa pariwisata, pertanian, kelautan dan perikanan diharapkan dapat menjadi lokomotif perekonomian daerah.

Sementara Ketua DPRD Prpvinsi Babel  Didit Srigusjaya mengatakan, peringatan hari jadi dapat menjadi rujukan dalam memacu semangat membangun daerah. 

“Setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan,” kata Didit.

Dirinya juga mengingatkan perlunya rasa menjaga kebersamaan dan toleransi sebagai marwah negeri. 

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Dr Yan Megawandi SH MSi berharap Babel dapat lebih cepat mengejar kemajuan, dari basis pertambangan ke tiga sektor unggulan. 

Pada rapat raripurna dibacakan sejarah singkat terbentuknya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung oleh Wakil Ketua DPRD Amri Cahyadi, serta pemberian penghargaan.

Usai paripurna dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Plt Gubernur Yuswandi diberikan kepada Gubernur pertama Babel HA Hudarni Rani dan mantan legislator Provinsi Babel Zulkarnain Syamsuddin. 

Pemotongan dilanjutkan oleh Ketua dan para Wakil Ketua DPRD Babel diberikan kepada para tokoh yang telah memberikan jasa dan pengabdian kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (HumasPRO BABEL)

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!