Prihal Verifikasi Parpol, Jerry Massie Usul Ada Syarat Minimal Modal Rp 100 Miliar

***

Putraindonews.com – Jakarta | Penyelenggara pemilihan umum perlu memperketat syarat dalam proses verifikasi partai politik menjelang Pemilu Serantak 2024.

“Jerry Massie Usul Ada Syarat Minimal Modal Rp 100 Miliar dalam Syarat Verifikasi Parpol”.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie tidak ingin pengalaman dalam pemilu-pemilu sebelumnya terulang.

Di mana muncul banyak parpol yang sekadar meramaikan pemilu, namun setelah itu banyak lagi yang tidak eksis untuk menunjukkan tajinya membela rakyat.

“Tercatat pada Pemilu 1999 ada 48 partai yang bertarung, sedangkan pada 2019 hanya terdapat 14 partai politik telah memenuhi persyaratan untuk berlaga di pemilu,” ujar Jerry dalam media statemennya kepada redaksi, Jumat (28/1).

BACA JUGA :   Ganjar Ajak Relawan Kedepankan Adab

Jerry mencatat, sudah ada 15 partai politik baru yang mulai bermunculan menjelang tahun Pemilu 2024. Bahkan, dia memprediksi bakal ada partai baru lainnya yang akan bermunculan.

“Namun di antara partai baru ini, ada parpol ‘kere’ yang punya mimpi besar, tapi tak punya kekuatan finansial,” tuturnya.

Maka dari itu, Jerry menyarankan agar dibuat aturan mengenai syarat minimal saldo rekening partai baru, ketika hendak mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

BACA JUGA :   Habib Aboe Semangati Kader PKS di Maluku Utara

Sebabnya, di dalam UU 2/2008 tentang Partai Politik hanya mensyaratkan kepada parpol untuk memiliki rekening atas nama parpol yang didaftarkan, akan tetapi tidak memberikan syarat minimal saldo di dalamnya.

“Jadi sebaiknya ada minimal saldo sebesar Rp 100 hingga 500 miliar,” pungkas Jerry. Red/Ben
***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!