Tandatangani Komitmen Bersama, UPC Siap Bangun PLTB 70MW ‘Energi Bersih’ di Kalimantan

***

Putraindonews.com – Jakarta | UPC Renewables menyatakan kesiapannya membangun proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) 70 MW di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, dalam rangka mendukung komitmen Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi sebesar 29 persen pada Perjanjian Paris dan program target 23% bauran energi terbarukan dalam pemanfaatan energi primer nasional di tahun 2025.

Kesiapan ini semakin diperkuat dengan kolaborasi berupa penandatanganan komitmen bersama yang baru dilaksanakan antara UPC Renewables bersama PT Kawasan Industri Jorong (KIJ) berkaitan dengan pemanfaatan energi bersih baru dan terbarukan di seluruh kawasan Jorong Borneo Integrated City (JBIC) yang dikelola PT KIJ.

Rencana pembangunan PLTB oleh UPC Renewables dan komitmen bersama PT KIJ merupakan langkah proaktif untuk menyelaraskan pasokan energi ke JBIC yang bersumber dari energi bersih baru dan terbarukan serta bagian dari upaya pemenuhan energi untuk jaringan Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, hingga Kalimantan Timur melalui jalur transmisi PLN.

BACA JUGA :   DITARGETKAN RAMPUNG 2024, Jokowi Akan Resmikan PLTB Terbesar di Indonesia

“KIJ berkomitmen untuk menggunakan Energi Terbarukan 100% di Jorong Borneo Integrated City, untuk mewujudkan JBIC sebagai lingkungan industri hijau dan ramah lingkungan serta berkelanjutan. Dan kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan PLTB Tanah Laut 70 MW,” terang Direktur Utama KIJ, Wisnu Soehardjo, dalam siaran persnya yang diterima redaksi kamis 27/1/22.

Wisnu Soehardjo juga mengatakan JBIC telah memiliki beberapa calon tenant sebagai mitra potensial UPC Renewables yang siap memanfaatkan listrik Energi Terbarukan yang dihasilkan dari proyek PLTB Tanah Laut 70 MW yang diusulkan.

Proyek PLTB Tanah Laut Bisa Pasok Energi Bersih IKN 

Proyek PLTB Tanah Laut telah telah melakukan survei dan pemantauan berstandar internasional untuk memastikan ketersediaan sumberdaya angin yang berlimpah di Tanah Laut.

BACA JUGA :   HUT TNI Ke-74, Presiden: Ideologi, Teknologi dan Alutsista Jadi Benteng NKRI

Keberadaan Proyek PLTB Tanah Laut 70 MW yang diusulkan membawa peluang lebih lanjut untuk perluasan melalui potensi pengembangan PLTB lepas pantai yang mampu memasok lebih banyak energi bersih dan terbarukan bagi pelanggan PLN dan bagi pembangunan Ibukota Negara (IKN) yang baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Melalui dukungan penuh dari PLN, diharapkan pembangunan Proyek PLTB Tanah Laut 70 MW dapat segera direalisasikan dalam waktu dekat sehingga penyelesaian COD dapat tercapai sesuai rencana.

Peningkatan kapasitas Energi Terbarukan, selain akan memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak terkait, juga meningkatkan kehandalan jaringan kelistrikan serta menambah ketersediaan tenaga listrik menggunakan Energi terbarukan dengan harga yang terjangkau dan stabil, tanpa mengalami dinamika dampak biaya tinggi seperti yang terjadi pada bahan bakar fosil. Red/Ben

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!