Menteri ATR/BPN : Tanah Sumber Kehidupan Manusia

IMG-20160629-WA0000

 Photo : Menteri Agraria/BPN Ferry Mursyidan Baldan

PutraIndoNews — Tanah mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena tanah merupakan pondasi utama dari semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia. 

“Selain itu, tanah berfungsi sebagai sumber kekayaan karena tanah dan kandungannya bisa memberikan berbagai sumber pendapatan bagi pemiliknya ataupun mereka yang menguasai,” ujar Menteri Agraria & Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Ferry Mursyidan Baldan dalam sambutannya dalam acara penyerahan produk BPN sekaligus kegiatan Safari Ramadhan di kantor ATR/BPN Provinsi Bangka Belitung, Selasa (28/6/2016).

Terlebih menurut ia bahwa tanah merupakan aspek penting dalam kehidupan.Oleh karena itu tanah merupakan aspek penting yang harus senantiasa mendapat perhatian untuk kesejahteraan hidup manusia.

“Tanah pun mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan. Masalah pertanahan pun sesungguhnya diatur oleh negara,” tegasnya.

Sementara Kepala ATR/BPN Provinsi Bangka Belitung, Yusuf Purnama dalam sambutanya mengatakan upaya pemerintah sendiri membantu masyarakat melalui program yang sudah ditetapkan yakni ‘Legalisasi Asset’ atau melalui program strategis.

Dijelaskanya lebih lanjut bahwa program pertanahan dari rupiah yaitu program legalisasi Asset atau dengan anggaran APBN melalui kegiatan diantaranya meliputi prona, UKM, nelayan, BMN, redistribusi tanah & konsolidasi tanah dari target sebanyak 12.240 bidang telah direalisasi fisik sebanya 7.675 bidang (62,70 %),

Sedangan realisasi keuangan itu mencapai angka sekitar Rp 4.535.869.550,- (60,66 %). Bahkan sesuai dengan rinciannya meliputi prona sebanyak 6.426 bidang, UKM sebanyak 508 bidang, nelayan 675 bidang, BMN sebanyak 66 bidang, lalu jumlah keseluruhan bidang atau secara keseluruhan fisik sebanyak 7.675 bidang, termasusks kegiatan PNBP rutin sebanyak hingga 27 Juni 2016 telah terealisasi sebanyak 922 bidang,” 

Selanjutnya dari total 922 bidang itu dengan perincian intansi pemerintah 35 bidang, wakaf sebanyak 12 bidang, badan sosial & keagamaan satu bidang, Proda 518 bidang, rutin perorangan 582 bidang, dan jumlah keseluruhannya mencapai angka 1.148 bidang. 

Kegiatan safari ramadhan sekaligus dilakukan penyerahan produk BPN secara langsung oleh Menteri ATR/BPN RI, Ferry Mursyidan Baldan kepada 300 orang secara simbolis termasuk penyerahan penghargaan kepada Bupati Bangka Tengah, bahkan acara hari itu pun sempat pula dihadiri Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi.

(Rhena)

BACA JUGA :   Acara Tarik Tiang Rumah Adat di Kampung Rate Wana, Budaya Leluhur yang Masih Sakral di Sumba Barat

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!