Upaya Tingkatkan IPM, Bupati Serang Minta Camat Lakukan Pemetaan

PUTRAINDOnews.com

Serang – Banten | 24 Oktober 2018.  Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta kepada seluruh Camat melakukan pemetaan masalah di masing-masing wilayah. Hal itu, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Serang.

Tatu menjelaskan, pemetaan wilayah yang dilakukan Camat akan menjadi refrensi bagi OPD untuk membuat program sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Serang. ” Saya minta pada tahun 2019 Camat sudah menyiapkan profil Kecamatan agar kita bisa buat program yang dibutuhkan oleh masyarakat ,” ungkapnya, saat Tatu evaluasi kepada seluruh OPD dan Camat Kabupaten Serang di Aula Tb Aula Suandi, Selasa (23/10/2018). Turut hadir, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekertaris Daerah Kabupaten Serang Entus Mahmud,beberapa Kepala OPD Pemkab Serang, dan Seluruh Camat se Kabupaten Serang

Ia menilai, kinerja OPD dalam mendukung program prioritas memperoleh hasil yang baik. Hasil tersebut, merupakan dari komitmen OPD dalam menjalankan program prioritas untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Peningkatan tersebut mengalami perbaikan dibandingkan dengan Kabupaten dan Kota lain di Banten. ” Capaian target saat ini sudah sesuai yang harapan dan berjalan dengan baik. Semoga, bisa ditingkatkan dan jangan sampai yang sudah direncanakan tidak dapat berjalan maksimal yang berpengaruh terhadap percepatan pencapaian IPM,” imbuhnya.

BACA JUGA :   KETUA DPRD JABAR OPITIMIS UJI KLINIS VAKSIN COVID-19

Selain itu, Tatu juga meminta agar OPD inventarisir kegiatan yang tidak relevan dengan program prioritas agar dihilangkan atau diganti dengan program yang sesuai skala prioritas dalam RPJMD Kabupaten Serang 2016-2021. “Saya minta agar Camat menyediakan data yang dibutuhkan oleh Dinas. Agar mereka menyusun program unggulan dan fokus pada skala priorita,” tuturnya.

Masih kata Tatu, Camat juga memiliki peran penting dalam menjalankan program untuk bekerjasama dengan masyarakat. Seperti, Camat merubah mindset masyarakat agar memiliki skill dan mau bekerja untuk meningkatkan perekonomian keluaganya. “Camat bisa mengajak masyarakat agar mengikuti pelatihan yang diadakan perusahaan atau pemerintah, jangan sampai program yang Kita buat tapi masyarakat luar yang menggunakan,” kata Tatu.

BACA JUGA :   Polres Serang Kota Amankan Tiga Orang Pelaku Penyalahgunaan Narkoba 

Senada dengan Bupati Serang, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa mengatakan, camat memiliki pekerjaan yang turun secara langsung kepada masyarakat dan mengetahui kondisi secara langsung kondisi warganya. “ Makannya, camat ditekankan harus tinggal di wilayah kerjanya agar hadir saat dibutuhkan,” kata Pandji.

Pandji juga meminta, agar Camat melakukan pembinaan kepada perangkat Desa dalam manajemen mengelola dana Desa agar digunakan untuk kebutuhan di Desa ”Dana Desa juga bisa digunakan sesuai kebutuhan dan pemberdayaan masyarakat juga bisa,” ujarnya. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!