Workshop Peliputan Pasca Pileg & Pilpres, Dewan Pers ; Dalam Melakakukan Peliputan Harus Komperhensif

PUTRAINDONEWS.COM

SAMARINDA – KALTIM | Dewan Pers menggelar Workshop Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Ruang Sungai Pinang 1 Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Kamis (03/10/2019).

Anggota Dewan Pers yang hadir dan menjadi salah satu narasumber dalam workshop, ialah Asep Setiawan. Workshop diikuti oleh pimpinan media massa baik, cetak,elektronik dan media online yang ada di Kaltim

“Kehadiran saya disini tidak lain ingin berbagi pengalaman dan melakukan diskusi bersama teman-teman,” ungkapnya saat diwawancarai Insitekaltim usai acara selesai.

Ia mengaku kegiatan tersebut merupakan forum bagi para wartawan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas laporan jurnalistik mereka.

“Kita menganggap bahwa laporan jurnalistik terkait Pileg dan Pilpres masih banyak kelemahan. Misalnya kita fokus terlalu kepada Pilpres, padahal ada Pileg mulai dari DPR RI, DPRD, dan DPD,” katanya.

Lebih lanjut,Ia berpesan, sebaiknya bagi para pewarta jika melakukan liputan harus komperhensif.

“Mulai dari semua aspek, apapun itu harus dibahas,” lanjutnya.

Dia juga menghimbau, bahwa di dalam pelaporan Pilkada tahun 2020 untuk semua media massa baik cetak elektronik,maupun media darling (online) harus mengambil sikap yang independen.

“Harus berimbang dan akurat. Supaya di dalam pelaksanaan Pilkada itu berjalan lancar,” tambahnya.

Menurut Asep, di era media sosial yang terkadang dimanfaatkan seperti saat ini, berita-berita hoax kerap kali bermunculan.

“Media massa elektronik dan cetak,online, merupakan sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang jelas dan benar adanya. Jadi bisa menjaga kualitas Pilkada itu sendiri,” tutupnya.

Selain, itu juga hadir mantan Ketua Dewan Pers Prof. Bagir Manan dan Bambang Hary Murti memberi materi dalam kegiatan workshop di Samarinda.

( pmt )