Ketua MPR RI Periode 2019-2024, Bambang Soesatyo (tengah) dan pimpinan MPR lainnya

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Prosesi pengucapan sumpah/janji Pimpinan MPR RI, telah berjalan dengan khidmat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku telah dipilih Pimpinan MPR RI, masa bakti periode 2019-2024, di Senayan Jakarta, pada Kamis, 3 Oktober 2019.

Proses pengambilan keputusan secara musyawarah mufakat adalah bukti bahwa proses pengambilan keputusan di lembaga ini senantiasa berpijak pada landasan ideologi Pancasila dan konstitusi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku telah berhasil dipilih Pimpinan MPR RI. Yaitu :

– Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR dari Fraksi Partai Golkar;

– Wakil Ketua Ahmad Basarah, dari Fraksi PDI Perjuangan;

– Wakil Ketua Ahmad Muzani, dari Fraksi Partai Gerindra;

– Wakil Ketua Lestari Moerdijat, dari Fraksi Partai Nasdem;

– Wakil Ketua Jazilul Fawaid, dari Fraksi PKB;

– Wakil Ketua Syarif Hasan, dari Fraksi Partai Demokrat;

– Wakil Ketua Hidayat Nur Wahid, dari Fraksi PKS;

– Wakil Ketua Zulkifli Hasan, dari Fraksi PAN;

– Wakil Ketua Arsul Sani, dari Fraksi PPP;

– Wakil Ketua Fadel Muhammad, dari Kelompok DPD RI.

Sepuluh wakil rakyat tersebut di atas yang mendapat amanah akan menjalankan tugas sebagai pimpinan MPR secara kolektif kolegial serta arif dan bijaksana selama kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan dimulai sejak tanggal 3 Oktober 2019 hingga 30 September 2024.

Menurut Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), berdasarkan penyempurnaan Undang-undang MD3 Tahun 2019, Pimpinan MPR periode 2019-2024 terdiri atas satu Ketua dan 9 Wakil Ketua yang merupakan representasi dari masing-masing fraksi.

“Kita mengutamakan semangat kebersamaan dari semua unsur yang ada didalam Majelis Permusyawaratan Rakyat ini. Mari bersama kita jadikan MPR Rumah Kebangsaan,” pinta Bamsoet.

“Saya sebagai Pimpinan MPR mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk memimpin MPR RI Periode 2019-2024. Tugas ini adalah amanah mulia yang menuntut tanggung jawab yang harus kami tunaikan. Insya Allah dengan dukungan semua anggota amanah ini akan kami jalankan dengan sebaik-baiknya, sehingga lembaga ini dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal,” ujar Bamsoet.

Tambah Bamsoet, Dengan 10 pimpinan, MPR periode ini mensyaratkan adanya sinergi dari setiap perwakilan. Oleh karena itu, kami berharap sikap gotong royong selalu terbina dari tiap-tiap anggota dalam upaya menjalankan tugas dan fungsinya. Musyawarah mufakat adalah nilai-nilai luhur dalam Pancasila yang harus selalu dikedepankan dalam proses pengambilan keputusan di lembaga yang terhormat ini.

Dengan demikian, tandas Bamsoet, MPR hari ini terbuka sebagai ruang hangat untuk mengkaji berbagai gagasan mengenai persoalan Bangsa dan Negara.

( PMT )