A. A. Ayu Sri Rahayu Gorda, Jaga Lingkungan Untuk Mendukung DTW

PUTRAINDONEWS.COM

BALI | Pada dasarnya kegiatan pariwisata merupakan kegiatan menjual lingkungan. Orang yang bepergian dari suatu daerah ke daerah tujuan wisata adalah ingin menikmati lingkungan, seperti pemandangan alam, atraksi budaya, arsitektur, makanan dan minuman, benda seni, dan lainnya yang berbeda dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Wakil Rektor II Undiknas. Dr. AAA. Ngr Sri Rahayu Gorda,S.H.,M.M., MH. Angkat bicara mengenai lingkungan. Pentingnya Lingkungan untuk mendukung kawasan Daya Tarik Wisata (DTW) tujuan wisata atau obyek wisata tidak dapat dibantah. Mungkin lingkungan bukan faktor utama yang menarik wisatawan berkunjung, tetapi faktor lingkungan juga berpengaruh signifikan bagi calon wisatawan untuk memilih daerah tersebut sebagai tujuan wisata. Ucapnya saat ditemui media yang tergabung dalam IMO-Indonesia di ruangannya. Sabtu, 23/11/2019

Sri Rahayu Gorda mengapresiasi Pergub No. 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Plastik Sekali Pakai dan Pergub Nomor 47 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. Itu semua langkah cepat yang dilakukan pemerintah tapi itu semua perlu dijalankan dengan regulasi yang benar dan kodmitmen. Ujarnya.

Revolusi industri 4.0 akan mempengaruhi wisatawan terhadap cara melakukan perjalanan, salah satu caranya adalah mencari berbagai informasi terhadap daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi. Bali sebagai pulau kecil namun sangat dikenal diseluruh dunia karena adat budaya yang masih sangat kuat terjaga sampai saat ini, dan juga keramah tamaham masyarakat Bali, sehingga menambah minat wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Seribu Pura ini. Kata wanita lulusan S3 di Universitas Brawijaya.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Kembali Tegaskan Soal Peruntukkan Uang Rakyat

Konsep pariwisata Bali yang tetap berlandaskan pada budaya yg dijiwai oleh ajaran Hindu yakni Tri Hita Karana. Yaitu Keseimbangan hubungan antara Manusia dengan Tuhan, Keseimbangan hubungan antara Manusia dengan Manusia dan Keseimbangan hubungan antara Manusia dengan Lingkungan. Katanya.

Sri Rahayu Gorda menyikapi Isu terhadap pariwisata Bali akhir- akhir ini bahwa Bali Termasuk Destinasi Wisata yang Tidak Layak Dikunjungi tahun 2020, yang dimuat dalam media luar negeri Fodors.Com, degan Berita mengenai isu masalah Sampah.

Isu sampah yang dimunculkan di media internasional merupakan tamparan bagi pariwisat bali yang mana konsep pariwisata kita berlandaskan Tri Hita Karana , dimana salah satunya adanya Keseimbangan Hubungan antara manusia dengan lingkungan.

Terlepas dari isu sampah yang berdampak terhadap pemberitaan Bali tidak layak dikunjungi tahun 2020, “mari kita mencoba untuk berpikir lebih Bijak dalam menyingkapi isu tersebut” kata Sri Rahayu Gorda

Lanjut dikatakanya Isu sampah ini sebagai Autokritik bagi kita semua utk melakukan pembenahan. Mari kita singkapi isu ini sebagai bentuk perhatian dari masyarakat dunia terhadap industri pariwisata di Bali, bahwa masyarakat dunia masih sangat cinta serta perhatian dengan Pariwisata di Bali.

BACA JUGA :   Predikat Kepatuhan Pelayanan Publik, Pemprov Bengkulu Terbaik Nasional 2021

Dengan adanya isu ini, diharapkan Bali dengan seluruh komponennya bekerjasama untuk berbenah mempercatik diri dari segala aspek yg mendukung pariwisata budaya Bali, termasuk Kebijakan dalam Pengelolaan sampah. Harap Sri Rahayu Gorda.

Ini merupakan tantangan bagi bali utk benar-benar dapat menerapkan Falsafah Tri Hita Karana tersebut, tidak hanya sebatas wacana yang digunakan sebagai Komunikasi dalam memasarkan pariwisata Bali.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pesaing-pesaing pariwisata Baru semakin gencar berbenah dan mempercatik diri untuk meningkatkan kualitas sarana prasarana pariwisata dengan tujuan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke negaranya. Vietnam salah satu contoh pesaing terdekat kita yang kini semakin dilirik oleh wisatawan mancanegara. Imbuhnya.

Mau tidak mau, isu sampah ini dapat kita gunakan sebagai Pecut bagi kita untuk segera berbenah disegala aspek dan sesegera mungkin memecahkan masalah sampah ini. Dan dengan cepat dapat dikomunikasikan kepada masyarakat dunia Bahwa Bali merupakan Destinasi Wisata yang sangat Layak dan sangat dijadikan prioritas utama utk dikunjungi oleh wisatawan dengan segala daya tarik budaya serta keunikannya. Tutupnya.

( PMT )

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!