Camat Ternate Utara Terapkan Konsep Eco Office di Kantor

PUTRAINDONEWS.COM

TERNATE – MALUT | Camat Ternate Utara Zulkifli memastikan menerapkan konsep Eko office di Kantor Camat Ternate Utara pada tahun 2020. Adapun konsep Eko office yang diterapkan diantaranya penghematan air bersih dari PDAM ke air hujan, energi listrik dari PLN dikurangi dengan menggunakan energi surya, termasuk toilet dibangun dengan konsep ramah lingkungan. Demikian dijelaskan Zulkifli, kepada teropong malut.com di sela-sela rapat dengan Banggar DPRD Kota Ternate di Gedung DPRD Kota Ternate Sabtu (23/11).

“Intinya program prioritas di kantor camat pada tahun 2020 adalah Eko ofice, atau kantor yang berbudaya lingkungan” jelas Camat Ternate Utara Zulkifli.

Langkah awal penerapan konsep Eko office dimulai dari kantor camat, diharapkan dengan komitmen yang kuat dimulai dengan pengelolaan sampah secara baik di lingkungan kantor camat. ” Jadi petugas ambil itu adalah sampah-sampah yang tidak punya nilai ekonomis lagi, itu sudah kita coba terapkan di kantor camat dengan membuat Bank Sampah khusus di Kantor Camat” ujar Zulkifli.

Jika sudah berjalan lanjut Zulkifli, maka konsep Eko office bisa diterapkan di kantor-kantor lurah yang ada di Kecamatan Ternate Utara. Eco-Office adalah Program unggulan Kantor Camat Kota Ternare Utara Tahun 2020, merupakan pengembangan dari Program konservasi air tanah Gemma Camtara yang sudah dan akan terus dilakukan.

Eco-Office adalah kantor berbudaya ramah dan peduli lingkungan yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan kantor yang bersih, nyaman dan asri dengan melakukan peningkatan efektifias dan efisiensi penggunaan sumberdaya air dan listrik, pengurangan dan pengelolaan sampah.

Untuk efisiensi air bersih PDAM kami sudah melakukannya dengan memanfaatkan air hujan dalam program Gemma Camtara, sedangkan energi listrik kami akan melakukan penghematan dengan menggunakan peralatan listrik sesuai kebutuhan dan hemat energi serta memasang panel surya dengan target pengurangan pembayaran listrik PLN sampai dengan 40%. Begitu juga dengan sampah baik sampah organik seperti sisa-sisa makanan rapat/pertemuan maupun sampah non organik seperti kertas, plastik dll akan dikelola melalui bank sampah, untuk toilet ramah lingkungan, memakai tanki saptic yang tidak mencemari tanah dan air tanah. Untuk kebutuhan air nya menggunakan air hujan

Eco-office ini merupakan program yang dilakukan untuk menjawab isu-isu menurunnya kualitas lingkungan dan juga dalam rangka untuk mewujudkan target dunia dalam Sustainable Development Goals 2030.

Eco-office ini sudah masuk dalam dokumen RKA Kantor Camat Kota Ternate Utara Tahun 2020, kami berharap tidak ada perubahan nilainya sampai dengan penetapannya dalam APBD Kota Ternate Tahun 2020.

DAR – MALUT