Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan Terpilih Menjadi Ketua APPSI

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023. Anies dipilih sebagai Ketua APPSI dalam kegiatan Musyawarah Nasional VI APPSI tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11).

Anies menggantikan ketua umum APPSI sebelumnya yaitu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Anies diusulkan menjabat ketua bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kemudian, pemilihan diserahkan ke forum. Namun, mereka yang berhak memilih adalah gubernur atau wakil gubernur yang hadir langsung dan tidak diwakilkan oleh pejabat lainnya.

BACA JUGA :   Apresiasi Pengesahan KUHP Nasional, PERADIN ; Karya Monumental Anak Bangsa !

Dari 34 provinsi, ada 23 yang punya hak pemilihan. Hanya satu suara yang abstain dan 22 suara dinyatakan sah. Tugas pertama Anies sebagai Ketua Umum APPSI adalah membentuk kepengurusan yang nanti akan dikukuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kebiasaannya adalah selesai langsung ada pengukuhan tetapi tahun ini tidak dilakukan, karena bapak presiden sedang tidak berada di Indonesia karena itulah nanti akan dicarikan jadwal baru,” kata Anies.

Selain pemilihan ketua umum baru, APPSI juga menyusun 10 program kerja yang akan diusulkan ke pemerintah pusat. APPSI dideklarasikan oleh Gubernur seluruh Indonesia pada 6 Juni tahun 2000 lalu di Jakarta. Anggota APPSI adalah Pemerintah Provinsi yang diwakili oleh Gubernur.

BACA JUGA :   Lomba Orasi Piala Kapolri, DPP LIPPI ; Polri Presisi Sangat Mengormati Aspirasi Masyarakat

APPSI merupakan wadah interaksi kepemimpinan pada tingkat nasional. Tujuannya mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih, efektif, percaya diri, kreatif, bertanggungjawab dan berkomitmen membangun pemahaman yang sama dan tajam tentang bagaimana seharusnya Pemerintah Provinsi dikelola dan potensi daerah yang menyebar di seluruh Provinsi di Indonesia diarahkan untuk kemajuan dan kejayaan bangsa.

( PMT )

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!